Tentang Kami

Informasi lebih lanjut hubungi : Kantor Tim Multi Media Machine, Jl Bunga Matahari No 43, Telepon ;0401-3121437

Inspiring People To Make A Good Communications about the natural resource

siklus-m3.jpgBeraktivitas di Sulawesi Tenggara sejak 2005, program Multi Media Machine (M3) kini memasuki tahapan pengembangan jaringan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Goal  besar dari penguatan jaringan ini adalah menempatkan “ Strengthening the Outreach and Education Network for Natural Resource Governance in Sulawesi”, pada level yang bisa menjadi tanggungjawab semua pihak dan secara pasti menginspirasi tiap orang untuk peduli ataupun terlibat secara nyata atas isu-isu lingkungan hidup. Terdapat sejumlah siklus yang dimanfaatkan untuk mengimplementasi program ini secara efektif yakni ; memproyeksi isu, media gathering, menerbitkan lembar informasi, jurnalis trip ,produksi isu melalui media-media cetak maupun elektronik dan dukungan terhadap pendidikan lingkungan hidup serta jaringan NGO maupun komunitas-komunitas.

Media partner: Kendari Pos, Media Sultra,Kendari TV, Radio Swara Alam, M Radio, dan 32 radio supporter yang menyebar di seluruh pelosok Sulawesi Tenggara.

Events

media-gathering-2.jpgMedia Gathering : Secara rutin program M3 dan NGO partner  juga menyelenggarakan media gathering. Sebuah event yang menghadirkan peserta dan narasumber atas isu-isu pengelolaan sumber daya alam yang relevan. Sejumlah ahli telah hadir dalam kegiatan ini ;Marco Kusumawidjaya untuk tata ruang, Siti Maemunah untuk isu pengelolaan tambang, Imam Zainuddin Musthofa tentang perikanan tuna di Indonesia, Dr Duncan May, seorang ahli perikanan dari operation Wallacea Trust tentang perikanan berkelanjutan, Dr Sartiah Yusran tentang gender dan media, Kiki Chandra Kirana tentang kampanye pengelolaan sumberdaya alam serta sederet nama lain yang memberi warna pada aktivitas media gathering ini.

lembar-informasi-2007-12.jpgLembar Informasi : Data yang akurat memberi peluang tiap orang mengambil peran yang penting dalam pengelolaan sumberdaya alam. Karena itu, bekerjasama dengan NGO partner, secara rutin tiap bulan
diterbitkan lembar informasi atas isu-isu sumberdaya alam yang akan selanjutnya menjadi rujukan bagi jurnalis, pemerintah, NGOs maupun komunitas-komunitas.

jurnalis-trip-5.jpgJurnalis trip : Dirancang untuk memediasi jurnalis ke wilayah-wilayah yang menjadi objek isu. Kegiatan ini membuka ruang bagi jurnalis untuk melihat fakta lapangan secara langsung, mewawancarai warga, memverifikasikannya dengan pemerintah local serta mengambil foto maupun rekaman yang memiliki pesan-pesan kuat terhadap public.  Jurnalis trip dilaksanakan sebulan sekali.

Aktivitas Media dan NGOs Partner

dialog-radio.jpgProduksi Media ; Radio Swara Alam merupakan radio terbesar dan pertama di Sulawesi Tenggara. Menjadi partner sejak 2005, Swara Alam FM menunjukkan komitmen yang riil dengan mempublikasikan isu-isu pengelolaan sumberdaya alam melalui iklan, news, dialog interaktif hingga acara-acara menarik di luar studio mereka.  Saat ini, Swara Alam FM juga mendedikasikan dirinya sebagai rumah belajar, dimana pengelola radio-radio komersil lain bisa bertukar pikiran tentang keredaksian, manajemen hingga tehnis keradioan. M Radio, memproklamirkan diri sebagai radio anak muda dan bergabung sebagai partner sejak 2005, radio ini mempublikasikan isu-isu lingkungan hidupradio-m-2.jpg dari sudut pandang yang renyah dalam iklan, dialog interaktif dan feature. Sebanyak 32 radio komersil maupun komunitas kini bergabung dalam kelompok radio supporter. Mereka mengambil peran dengan menyiarkan isu-isu lingkungan hidup dalam bentuk feature maupun iklan. Beberapa diantara radio tersebut bahkan mengimplemantasikan siklus M3 dengan mengelola isu sendiri dan mendorong jurnalisnya lebih peka terhadap isu-isu lingkungan hidup.

dialog-tv.jpgTV Kendari ; Tiada hari tanpa isu lingkungan, merupakan komitmen dari Kendari TV. Isu-isu lingkungan hidup bisa disaksikan melalui berita, tayangan iklannyang cerdas dan berbobot, dialog interaktif yang dilaksanakan sebulan sekali serta film-film documenter pendek yang sarat dengan pesan.

wonua-kendari-pos-2008-01-30.jpgMedia Cetak. Kendari Pos. Pada tahun 2005-2008, isu lingkungan hidup menjadi isu yang muncul dalam lembar sisipan “Wonua”. Muncul sekali sebulan, satu halaman penuh. Di tahun 2009, redaksi Kendari Pos menempatkan isu lingkungan sebagian bagian yang tak terpisah dengan berita-berita lainnya, terintegrasi dan muncul dua kali sebulan dengan banner yang berubah dari “Wonua” ke “lingkungan”. Saat ini Kendari Pos leading sebagai Koran terbesar dengan 15 ribu pembaca di seluruh pelosok Sulawesi Tenggara. Media Sultra. Media ini memberikan komitmen riil dengan melibatkan seluruh jurnalisnya dalam reportase isu-isu lingkungan hidup. Isu lingkungan hidup muncul secara rutin pada halaman mereka, tergarap baik dan sering menjadi rujukan social bagi Pemerintah maupun NGO.

pendidikan-lingkungan-hidup-2.jpgPendidikan Lingkungan Hidup. Jaringan Guru Hijau dan Focil Indonesia merupakan mitra aktif bagi pengembangan program pendidikan lingkungan hidup di Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 2005, Focil Indonesia telah mendorong penyusunan kurikulum lingkungan hidup di wilayah Kendari dan Wakatobi. Hasil nyata dari pekerjaan tersebut, Pemerintah mengesahkan kurikulum local pendidikan lingkungan hidup sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam pendidikan anak sekolah tingkat SD dan SMP di Kendari dan Wakatobi. Saat ini, kurikulum tersebut diterapkan di 37 sekolah, 11 di Kota Kendari dan 26 di Wakatobi.  Saat ini jaringan guru hijau di Kota Kendari dan jaringan guru Biru di Wakatobi mengambil peran dengan mendekatkan kurikulum tersebut pada metode ajar yang lebih apresiatif dan atraktif bagi siswa.

Radio Komunitas Vatalollo

radio-komunitas-vatallolo-2.jpgMerupakan radio komunitas pertama di Wakatobi, radio yang berdiri sejak 2006 ini awalnya diinisasi oleh organisasi rakyat Forum Kahedupa Toudani di kecamatan Kaledupa –yang resah dengan minusnya akses informasi dari luar untuk mereka. Terdapat sekitar 4000 jiwa, yang tersebar di 17 desa dan kelurahan. Topografi  wilayah ini menjadi hambatan bagi komunikasi.  Bagi pengelola Forum Kahedupa Toudani, mendirikan radio komunitas merupakan salahsatu cara memecahkan problem komunikasi ini. Kini radio komunitas tersebut telah beroperasi, pengawasan dilakukan oleh Dewan Penyiaran Komunitas,  dan teknis penyiaran melibatkan anggota komunitas yang mewakili kelompok nelayan, pegawai negeri, guru dan ibu-ibu rumahtangga.  Radio ini beroperasi 7 jam sehari dengan isu ‘dari kami, untuk kami’—dan didengar oleh 500 pemilik radio transistor.

Radio Komuntas Talombo

radio-komunitas-talombo-3.jpgRadio Komunto merupakan radio komunitas kedua di Kecamatan Tomia yang juga konsen dengan isu-isu local. Radio ini juga menempatkan diri sebagai mediator bagi pendengarnya dalam berbagai aktivitas, perdagangan, social, ketenagakerjaan, cuaca , pendidikan lingkungan hidup hingga pemilihan umum. Radio Komunitas Talombo dinaungi oleh Komunitas partner Komunto. Radio ini juga memperoleh dukungan keuangan dari warga yang kini menjadi mitra aktif mereka dalam tiap kegiatan seni dan budaya.

Jaringan Radio Komunitas

jaringan-radio-komunitas-2.jpgMengapa kami peduli dengan perluasan jaringan radio komunitas Sulawesi Tenggara? Karena regulasi tak berpihak pada radio komunitas. Jaringan radio komunitas yang disingkat JRK Sultra berafiliasi dengan Jaringan Radio Komunitas Indonesia ini yang bekerja maksimal untuk mengembangkan radio-radio komunitas di Sulawesi Tenggara. Saat ini sebanyak 14 Radio komunitas Sulawesi Tenggara menjadi anggota JRK. Lembaga JRK lalu bertindak untuk mengatur etika dan menyikapi regulasi agar bisa tetap memayungi radio komunitas. Di bawah koordinasi Yayasan Bahari, didukung oleh Combain Resource Institute (CRI) Yogyakarta, WWF-Lestari-CIDA, JRK Sultra terus melakukan pendekatan terhadap Komisi Penyiaran Independen agar diperoleh kepastian regulasi atas radio-radiokomunitas di Sulawesi Tenggara.

Media Alternatif Bajo Bangkit

News Leter Bajo BangkitBajo Bangkit merupakan media alternative yang diterbitkan oleh generasi muda Bajo. Meski seringkali mengalami kendala penerbitan namun media alternative ini memiliki pesan yang kuat dari kelompok muda Bajo.  Etnik Bajo merupakan kelompok sea gypsi di Sulawesi Tenggara. Jumlah mereka sekitar 350 ribu jiwa, berada diseluruh wilayah pesisir. Warga Bajo saat ini menghadapi tekanan atas pendidikan yang kurang, kesehatan yang tak memadai, lapangan kerja terbatas bagi mereka yangdrop out sekolah dan merawat kearifan lokal mereka terhadap teritori lautnya. Tiap edisi mengawal isu-isu tersebut, disebar secara gratis ke pelosok perkampungan Bajo dan bahkan hingga ke Banggai-Sulawesi Tengah.

Jaringan Laut Wakatobi

Jaringan Laut Wakatobi juga terbit beberapa kali.  Tujuan utama dari media ini adalah memediasi 48 organisasi rakyat di Wakatobi, terutama kelompok-kelompok nelayan bisa saling mengetahui perkembangan masing-masing kelompok. Media ini dicetak sebanyak 300 exampler dan disebarkan secara gratis pada anggota kelompok organisasi rakyat.

Papan Informasi

papan-informasi-4.jpgTentu saja tak semua media komunitas radio maupun buletin mampu menjangkau warga yang dipelosok. Untuk itu, programStrengthening the Outreach and Education Network forNatural Resource Governance in Sulawesi bekerja sama dengan organisasi rakyat atau LSM setempat mendirikan papan informasi atau bilboard dengan pesan-pesan menarik. Kini terdapat 5 papan informasi di wilayah luar Teluk Kendari, 4 di Kecamatan Kahedupa, 4 di kecamatan Tomia dan 2 di Kecamatan Wangiwangi. Untuk Bilboard, 2 buah berdiri di Kendari dan 2 di Wangiwangi.

Isu M3 yang Telah di Lakukan

2005-11 Air BersihBinongko
2005-12 Ilegal Loging Muna
2006-01 Suaka Margasatwa Tanjung Peropa
2006-02 Sampah di Kota Kendari
2006-03 Pendidikan Lingkungan Hidup di Sultra
2006-04 Karang Saponda – Kelola Laut Berbasis Masyarakatkayu.jpg
2006-05 Terumbu Karang di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi
2006-06 Sertifikasi Kayu di Konawe selatan
2006-07 Pendidikan Alternatif Untuk Masyarakat Bajo
2006-08 Hutan Konawe – Konsesi HPH di konawe
2006-09 Progam Pasca HPH
2006-10 Lautku, Laut Mu, Laut Kita – Kelola Lautnyelam2.jpg
2006-11 Laut Sehat, Seafood Sehat – Kebijakan Kelola Laut
2006-12 Kaleidoskop Lingkungan 2006
2007-01 Sistem Peringatan Dini
2007-02 Piala Adipura Kabupaten kolaka
2007-03 Tata Ruang
2007-04 Hutan Lambusango Sebagai Sumber AirPersiapan Nyelam
2007-05 Pemimpin Pro Lingkungan
2007-06 Pertanian Organik
2007-07 Perikanan Berkelanjutan
2007-08 Ruang Terbuka Hijau
2007-09 Trend Ruang Terbuka HijauPenyu Hijau merayap naik untuk bertelur di pulau Runduma (foto   oleh Indarwati Aminuddin)
2007-10 Pengelolaan Kolaborasi TNKW
2007-11 Pengalihan Fungsi Lahan
2007-12 DAS Konaweha
2008-01 Perikanan Indonesia
2008-02 Hutan Tanaman Rakyat di Kabupaten Konawe selatan
2008-03 No More tambang
2008-04 Krisis Energi / ListrikPanorama di kampung Bajo Mantigola di Kaledupa
2008-05 DAS
2008-06 Tambang Kabaena
2008-07 Ketersediaan Air
2008-08 Kuasa Pertambangan
2008-09 Pertambangan & Perikanan
2008-10 TNRAW
2008-11 TNRAW – Penyangga Air
2008-12 Tanjung Peropa 
2009-01 Alih Fungsi Areal Konservasi
2009-02 Alih Fungsi Areal Konservasi 2
2009-03 Tata Ruang
2009-04 Ekonomi Mikro – Wakatobi
2009-05 Tambang Emas Bombana
2009-06 Pasca Tambang Emas Bombana
2009-07 Telaah Kawasan Konservasi
2009-08 Nilai Ekonomis Teluk Kendari
2009-09 Manajemen Bersama Teluk
2009-10 Konservasi VS Pertambangan
2009-11 Kajian Alih Fungsi Konservasi
2009-12 Menolak Tambang
2010-01 Sawit Konawe Utara
2010-02 Keterjaminan Air
2010-03 Manajemen Hulu Hilir untuk Air
2010-04 Modal Untuk Sektor Berkelanjutan

Advertisements

42 Responses

  1. saya sangat merespon Synergi Meeting yang sering saudara adakan ,mungkin kapan-kapan saya bisa di undang untuk menghadiri kegiatan tsb.disini (pomalaa) saya selaku ketua karang taruna kecamatan Pomalaa, bagaimanapun juga harus selalu merespon keinginan masyarakat terutama dalam mengatasi pencemaran Lingkungan akibat penambangan

  2. yaa bagus juga untuk menampung aspirasi warga supaya ,jalan teruus salud deh

  3. Pak Chairul bila ada ke Kendari , sila berkunjung ke kantor kami, Jl Malik 2 No 15 A Kendari, belakang Islamic Centre atau menghubungi kantor kami di 0401-322962, mungkin akan banyak gagasan yang bisa didiskusikan.

    salam Indar

  4. Great job. Saya sangat bangga melihat kerja mba Indar dan teman-teman. Informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik dari wilayah wakatobi sendiri, maupun yang lebih luas dapat memberi positive effect, setidaknya dalam long term. Sewaktu di Kendari, saya sempat on air di M Radio dan rekaman di Kendari TV. Luar biasa kerja teman-teman sudah dikenal dan diapresiasi masarakat. Mudah-mudahan ke depan kesadaran masyarakat semakin terbangun dan memberi contoh pada daerah lain.

  5. met jumpa lagi ji’…gimana kabar kawan2 M3 Kdi ? mudah2an tetap segar bugar selalu. Saya sering berkunjung di Sulbar (Sulawesi Barat ). apa di Sulbar ada kegiatan-kegiatan ginian yah? soalnya kangen juga sih ntuk kerja-kerja kayak dulu lagi. Salam buat k Koko.

    Fadly

  6. Dear admin..

    Sebelumnya maaf semua yang dikerjakan M3 gak maksimal n banyak copy paste berita…!! Please.. crative dikit napa?

    • Terimakasih Arwan buat kritikannya.
      Kami adalah NGO yang mengadvokasi media masa, jadi bukan tugas kami untuk meliput. Job itu sudah ada di rekan2 wartawan seperti Arwan. Jika ada beberapa liputan Arwan yang tayang di web kami, memang itu adalah copy paste, tapi tetap menghargai hak cipta…
      salam
      SABAN

  7. salutttt ……….. pertahankan selalu sobat…. hijaulah bumiku….

  8. mantap….trus brjuang..bro..hijaulah..bumi..ina mksudx..indnesia
    n lbih asyik lg smbil pnghijauan dngarin lagu di..

    judulx 1000 medali

    http://www.4shared.com/account/dir/15859903/d187170a/sharig.html?rnd=83

    judulx asmara digode-gode

    kanakeas band

  9. Kalau berkunjung di pacitan jangan lupa dengerin 101.1MHz MIXS FM Radio.. ato mampir di
    http:// mixsfmradio.blogspot.com

    MIXS FM RADIO Pacitan…
    Oke Broo..

  10. Mampir sebentar numpang liat2 artikel dan beritanya sekalian mau tukaran link,kami dari rumah bamboe production lembaga yang bergerak dibidang film dokumneter dan karya tulis berkedudukan dikendari,sulawesi tenggara..backlink balik ya 😀

  11. ass..
    Perkenalkan nama saya andi angga, video journalist Trans 7.
    setelah saya mambaca artikel diatas saya tertarik untuk menanyakan tentang daerah di sultra yang masih alami dan indah untuk saya liput dalam program anak-anak ” laptop si unyil”.
    Apakah masih ada di sultra desa atau tempat yang masih memliki permainan tradisional yang unik, dan kegiatan yang khas serta tradisi yang unik yang mungkin di daerah lain tidak ada.
    Atas informasinya saya mengucapkan terima kasih.

    Andi Angga Citakesuma
    Video Journalist Trans 7

    • Mas Andi,

      Beberapa waktu lalu ada rekan trans 7 juga yang datang, mereka ke Bajau dan Wakatobi. Apakah ini program yang sama? Oh ya, bisa juga tuh jalan-jalan ke Kabupaten lain yang lebih asri, di Alaaha misalnya (Kolaka), atau ke taman nasional-nasional yang jarang dikunjungi warga dan menyimpang keindahan, pilih saja mau yang laut atau daratan. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kami via email : client76@yahoo.com, hasrul_kokoh@yahoo.co.id

  12. kapan-kapan mampir ke kantor kami ya, kita bisa share tentang banyak hal

    • salam kenal buat teman-teman…

      saya faisal dari LPM BMK Wakatobi, kami membangun komunitas yang di mana orang-orangnya adalah pengrajin kayu, cuma kami bingung untuk memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan bakar alternatif yang efisien, tlng kalau ada masukanya bagaimana membuat bara dari serbuk gergaji untuk meminimalisir polusi dan pencemaran beritahu kami…

      Makasih…

      Salam Lestari
      mari bersatu menuju kebersamaan

  13. artikel yg bagus….

  14. Saya ingin sekali ngobrol dengan kawan-kawan M3 tentang Climate Change Adaptation/Adaptasi Perubahan Iklim dan Disaster Risk Reduction/Pengurangan Resiko Bencana.

    Isu ini sedang hangat diperbincangkan, apalagi mendekati COP UNFCCC di Copenhagen 2009 ini.

    Saya tertarik membuat telahan study kasus tentang bagaimana seharusnya Pemerintah Wakatobi mengarusutamakan issu A.P.I dalam proses perencanaan pembangunannya.

  15. Mbak Riyanti, silahkan mengontak Muhamad Suhud di WWF-Indonesia, Jakarta, emailnya msuhud@wwf.or.id, telepon ; 021-5761070, atau ke Verena di vpuspawardani@wwf.or.id

    Salam
    Indar

  16. waow….., excelent..great Job luar biasa apa yg saudara2 lakukan.
    saya lahir di kendari sdh menetap di Bali sekitar 20 thn melihat potensi Sultra tdk kalah dgn Bali, utamanya kita punya ANOA yg sama sekali tdk ada di tempat lain, apalagi Wakatobi sdh mulai mendunia. Tolong dong di forcing pemda kita spy stop exploitasi tambang biar semua lestari. Khususnya dinas pariwisata harus lebih pro aktif, misalnya buat GATE di Bali semacam counter khusus yg mempromosikan sultra, sebab kalau harus keliling dunia costnya MAHAL, kan ada bali yg cukup effisien di manfaatkan buat promo. Saya pikir saatnya industri pariwisata di push untuk kesejahteraan sulawesi tenggara.
    Bravo teman
    George H.R ( Guntur )

  17. suatu blog yang sangat bermanfaat. terima kasih untuk berita dan informasinya 🙂

    salam hangat,

    romie
    http://www.engineeringtown.com

    • Pak George, saat ini rekan2 NGO, wartawan dan beberapa akademisi sedang konsen terhadap pengelolaan sumberdaya alam yang lestari… terimakasih komentarnya pak.
      pariwisata di Sultra belum menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan daerah. pada dasarnya, sultra butuh SDM yang mampu mengembangkan potensi industri pariwisata

  18. boleh jg kita sharing informasi kebetulan kami yang sering mendampingi masy.kec.Pomalaa terlebih lg desa tambea yang sering langganan lumpur merah bila musim penghujan tiba ,akankah kehadiran KP membawa berkah atau justru senaliknya membawa bencana……………………….???

    • Pak syamsuddin, bila berkunung ke kendari, silahkan mampir ke kantor kami, Jl, Bunga matahari, no. 43, Kemaraya – Kendari.
      Kami akan membentu menghubungkan anda dengan beberapa jaringan LSM yang mengadvokasi tambang…

  19. saya ema, dan sekarang saya sedang membantu melakukan penelitian dalam rangka memetakan program media dan ICT yang didanai lembaga donor di Indonesia. Salah satu yang menurut rencana ingin diwawancarai adalah M3. Kira-kira saya harus menghubungi siapa, ya?

    terima kasih banyak sebelumnya.

    salam,
    ema

    • Hi Ema,
      bila ingin menghubungi kami, silahkan berkunjung ke kantor kami, Jl. Bunga Matahari,No. 43 Kemaraya-Kendari.
      atau dapat menghubungi kami di 0401-3121437

      salam
      SABAN

  20. Dear Ema, terimakasih telah menghubungi kami dan ingin tahu lebih banyak tentang apa dan bagaimana program ini bekerja.

    Anda bisa menghubungi:

    Dewi Satriani: dsatriani@wwf.or.id
    Hasrul kokoh: hkokoh@wwf.or.id / hasrul_kokoh@yahoo.co.id.

  21. keren juga blognya,
    dan sayapun punya cerita soal kendari versi saya..
    silahkan main di blog saya

    http://kotakendari.wordpress.com

    selalu up to date soal kendari 😉

  22. wahhh kalo ma m3 ma,cool….apalagi ma kokoh asik bgt,kita selalu ngalang kesana -kemari…hidup m3 !!!!!!!!!!;

  23. great job..guys…i think,Kendari punya SDM yang cukup kalau mau mengembangkan daerahnya apalagi concern tentang Lingkungan Hidup..dan hanya sebagai masukan mengangkat tema jng hanya yang sedang di’ramai’kan tapi justru yang belum ter’explore’ yang harus di gali..
    Two thumbs up

  24. salam kenal. kendari miliki potensi kekayaan ayam yang luar biasa. pencemaran lingkungan selalu menjadi masalah, dan penyebabnya adalah tangan-tangan manusia juga. Aku salut buat teman2 yang peduli lingkungan. Ayo kita saling sharing, and kalau ada kegiatan infokan lewat emailku. thanks.

  25. Salam,

    saya dari Mahasiswa Parahyangan Pecinta Alam Universitas Parahyangan Bandung menyatakan kebanggaan saya melihat sinergi masyarakat Sulawesi Tenggara untuk bersama – sama mengkampanyekan lingkungan.

    Pada bulan Agustus nanti, kami akan melakukan ekspedisi penyelaman di daerah Batauga, Siompu, Liwutongkidi dan Kadatua ( Basilika ), yang menurut pengetahuan kami, adalah spot penyelaman yang tidak kalah dengan Wakatobi. Kami berniat mengeksplorasi daerah tersebut, baik perairan maupun daratannya beserta segala potensinya dan kemudian memberikan informasi kepada pihak – pihak yang membutuhkan. Kami bukan wisatawan yang hanya ingin menyelam, tapi kami pelajar yang ingin mengekplorasi daerah ini dalam bentuk penyelaman.

    Kami terus menerima saran dan masukan – masukan, tolong diinfokan lewat email saya. Thanks. Maju terus Sultra!

  26. Salam.

    saya dari Mahasiswa Parahyangan Pecinta Alam – Universitas Parahyangan Bandung menyatakan kebanggaan saya terhadap sinergi masyarakat Sultra untuk bersama – sama mengkampanyekan lingkungan hidup.

    Kami berniat melakukan ekspedisi penelitian pada bulan Agustus 2010 di Pulau Batauga, Siompu, Liwutongkidi dan Kadatua ( Basilika ), dengan bentuk kegiatan berupa penyelaman dan pendataan biota, serta eksplorasi daerah ini, baik dunia bawah air maupun daratannya, beserta segala potensi yang ada.

    Kami bukan wisatawan yang ingin sekedar menyelam, tapi kami hendak menjalankan sebuah misi sebagai pelajar yang ingin melakukan eksplorasi, dan kemudian memberikan informasi kepada pihak – pihak yang membutuhkan.

    Kami sangat terbuka untuk saran dan informasi, bisa dikirim via email saya. Sekian dari saya selaku anggota tim ekspedisi ini.

    Best regards,

  27. permisi, salam kenal..
    blog yang menarik untuk dibaca,, 😀

  28. Salut dan suppor Koran MEDIA SULTRA sebagai salah satu media yang koncern terhadap issue-issue lingkungan di Sulawesi tenggara, untuk sebagai warga masyarakat Bombana yang berdomisili tetap di Jakarta mohon perhatian dan dukungan media untuk MORATORIUM TAMBANG di Kabupaten Bombana, karena sangat mengancam masa depan rakyat Bombana.- Akibat penambangan Emas dan Nikel yang tidak terkontrol, mengancam lingkungan hidup…….

  29. Salam Sejahtera,
    Saya pernah dibesarkan di salah satu kab. di Sultra, kab.Muna; Bahkan tanah peninggalan orang tua saya masih ada di sana.
    Saya ingin menawarkan kesempatan bagi perusahaan/instansi pemda yang mau membangun Sultra dengan proyek-proyek yang bermanfaat untuk masyarakat, namun mengalami kesulitan Dana. Saya bernaung di perusahaan avalist swasta di Jakarta yang membantu mendapatkan funder besar baik dari dalam maupun luar negeri (lewat kedutaan besarnya). Silakan kontak saya via felixkaya@yahoo.com.

  30. M3Sultra, sampaikan pesan kami yang di Jakarta kepada masyarakat Wawotobi agar tetap pertahankan keindahan taman lautnya yang luar biasa. Suatu saat akan menjadi primadona kunjungan wisata di Indonesia setelah Bali dan Bunaken.
    M3sultra, ever onward, no retreat !

  31. Maaf, ralat, bukan wawotobi tapi WAKATOBI

    (M3Sultra, sampaikan pesan kami yang di Jakarta kepada masyarakat Wakatobi agar tetap pertahankan keindahan taman lautnya yang luar biasa. Suatu saat akan menjadi primadona kunjungan wisata di Indonesia setelah Bali dan Bunaken.
    M3sultra, ever onward, no retreat !)

  32. Salam kenal,

    Combine Resource Institution (CRI) mempunyai sebuah berita berbasis jurnalisme warga. siapapun, baik lembaga maupun perorangan dapat berbagi cerita mengenai apapun yang terjadi di sekitar lingkungan/komunitas mereka.

    Mari bergabung dan berbagi berita di suarakomunitas.net!

  33. kami dari radio swara karang taruna.mustika fm,radio pemalang jawa tengah.mohon bantuanya agar kami bisa memutar layanan masyarakat.caranya gmn

  34. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saya Alfinia Siswa SMA dikota Kendari. Swaktu SMP sya pernah menjadi duta lingkungan sewaktu itu bergabung dikomunitas (WWF dlu namanya Focil . . ) namun hanya sedikit kegiatan lingkungan yng kami lakukan. Sekarang sya menjadi salah satu duta Tata Ruang SULTRA dimana tugas sya yaitu membrikan virus positif kepada teman-teman agar kita peduli terhadap ruang dibumi dan lingkungan. stelh mlihat blok ini sya sngat tertarik dengan kgiatan-kegiatannya, kbetulan ada beberapa kegiatan yang menyangkut tugas sya sebagai duta. Sya ingin sekali bergabung dikomunitas ini. Mohon kerjasamanya pak/bu. terima kash
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  35. blognya keren..

    salam kenal yah..

    silahkan berkunjung jg ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (blog Pesona Palembang)..

    Semoga berkenan.. ^_^

    SALAM LESTARI dari Palembang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: