Angin Puting Beliung Hancurkan 42 Rumah

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-12-10 / Halaman 6

Hempasan angin puting beliung memporakporandakan puluhan rumah warga di Wakatobi, Rabu (8/12) lalu. Sore hari itu sekitar pukul 16.00 Wita, warga Desa Waha, Kecamatan Wangiwangi tengah menanti suasana senja yang nyaman. Namun tiba-tiba hujan deras disertai angin langsung merusak suasana hari itu. ” Kami menyaksikan angin itu berputar menghempas rumah-rumah warga yang dilewatinya,” cerita La Rami, seorang warga Waha. Untungnya, kejadian itu dapat dihindari warga yang tanggap melakukan penyelamatan diri dan keluarga masing-masing. Sehingga meski bencana puting beliung itu cukup keras, tidak satupun ada korban jiwa.

Selain rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan, dahsyatnya bencana itu juga terlihat dari tumbangnya puluhan pohon kelapa hingga kandang ternak yang hancur berantakan. Akibat hujan deras hari itu juga menyebabkan beberapa wilayah di Kelurahan Mandati digenangi banjir. Namun tekstur jalan yang tertata dengan material bebatuan membuat genangan itu tak berlangsung lama karena terserap ke dalam rongga bebatuan.

Kepala Dinas Sosial Wakatobi, LM Syafiuddin melalui Kabid Bansos, La Djiumu mengungkapkan, setelah kejadian, pihaknya langsung melakukan tanggap darurat dengan kunjungan lapangan  menginventarisir korban serta kerusakan. Kemarin, Dinsos telah menyalurkan bantuan langsung bahan makanan. ” Sesuai data yang kami peroleh di lapangan, tidak ada korban jiwa akibat puting  beliung itu. Namun ada 42 rumah warga yang mengalami kerusakan,” rincinya. Untuk tindak lanjut ke depan, pihaknya juga telah melaporkan kejadian itu ke Dinas Sosial Sultra.

” Pihak provinsi meminta agar ada laporan tertulis terkait data-data kejadian. Secepatnya akan disampaikan sehingga warga yang mengalami bencana segera mendapat penanganan,” tandas Djiumu. .
(cr1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: