Hindari Konflik, Ibu Kota Harus ke Buranga

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-12-09 / Halaman 5

Tak pernah berujung. Polemik letak ibu kota Kabupaten Butur yang seharusnya di Buranga, belum juga bisa dituntaskan. Sikap keras kepala Pemkab Butur yang tetap melaksanakan aktivitas pemerintahan dan membuat ”ramai” Kecamatan Kulisusu menjadi pemicu masalah. Padahal, pemekaran Kabupaten Butur dari Muna pada tahun 2007 lalu jelas-jelas telah menyepakati Buranga menjadi induk otorita tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Butur, Muliadin juga mendesak agar Pemkab dalam kendali Ridwan Zakariah tidak main-main dalam menyikapi persoalan ibu kota itu. ” Tidak ada kata terlambat tapi bagaimana Kita harus duduk bersama melakukan kajian ulang.  Pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, cendekiawan dan unsur pemuda harus dilibatkan. Bukan perdebatan soal Kulisusu dan Buranga tapi bagaimana kita harus sekata menyatukan presepsi. Kedepannya yang perlu dihindari adalah terjadinya konflik horisontal,” tegas Muliadin, kemarin.

Ia juga meminta Pemkab Butur harus mengikuti aturan sebenarnya untuk menuju pembangunan Butur. Sebelumnya, Korlap Aliasi Mahasiswa Pemerhati Kebijakan Publik (AMPKP) Sultra, Ashamy Fatwa saat melakukan demonstrasi di DPRD Sultra, awal pekan ini juga mendesak legislator provinsi turut andil memediasi serta menuntaskan persoalan ibu kota tersebut.

Sebab sejak menjadi otorita mandiri tiga tahun lalu, Buranga tidak pernah dijadikan sebagai ibu kota kabupaten. Banyak gedung yang sudah dibangun tak termanfaatkan. Mulai dari kantor bupati yang saat ini telah dialihfungsikan menjadi kantor camat hingga infrastruktur kantor Catatan Sipil menjadi Kantor Pertanian. Sementara kantor Catatan Sipil di Kulisusu justru mengontrak bangunan milik warga. (yaf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: