KP Investor Tambang Ditinjau Ulang

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-12-08 / Halaman 5

Jumlah penanam modal yang berinvestasi di Konsel sebenarnya cukup banyak. Sayang, sampai kini tak ada kontribusi berarti yang sudah diberikan para pengusaha perkebunan, perikanan dan khususnya bidang pertambangan di daerah tersebut. Pemegang Kuasa Pertambangan (KP) yang menguasai sejumlah lahan konsesi bahkan ada yang belum melakukan aktivitas. Dengan kondisi tersebut, Bupati Konsel, H. Imran mengaku segera melakukan evaluasi dan peninjauan kembali izin-izin investor itu. Ia bahkan akan membentuk tim berkomposisi pemerintah kabupaten dan DPRD. ” Bila dalam evaluasi tidak ada kemajuan dan kontribusi bagi masyarakat dan daerah, sebaiknya tidak usah dizinkan lagi,” ancam Imran di hadapan rapat DPRD saat penyerahan KUA PPAS tahun 2011, kemarin.
Bupati dua periode itu membenarkan bila jumlah investor yang bergerak pada bidang pertambangan dan potensi lain di otoritanya memang sudah cukup banyak. Sayang, belum ada aksi maksimal terlihat dari izin-izin yang telah diterbitkan pemerintah. ” Padahal dalam mengeluarkan izin itu, Kami (pemerintah) juga punya target seperti Comdev, PAD dan lapangan kerja bagi masyarakat. jadi, kalau ternyata tidak ada pengaruh, sebaiknya dievaluasi saja,” ulangnya lagi dan mendapat persetujuan anggota DPRD Konsel.

Untuk diketahui, beberapa investor yang memiliki izin KP di Konsel adalah PT. Integra, PT. Billy, PT. Ifisdcho, PT. Triple Eight, PT. Baula, PT. Bombana Bumi Lestari dan PT. Mutiara. Meski demikian, kehadiran investor tersebut belum memberikan arti. Sejumlah perusahaan tambang di wilayah Torobulu bahkan telah berulangkali mengapalkan ore nikel ke luar negeri. (era)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: