Unhalu Kembangkan Sagu dan Sapi di Kampus

Kendari Ekspres, kampus Ekspres 2010-12-06 / Halaman 11

Universitas Haluoleo Kendari menyediakan tanah seluas satu hekter di dalam kampus untuk pengembangan tanaman sagu, bekerjasama dengan MIO Universitas Jepang.

Untuk kebutuhan lahan seluas 1 hekter telah disiapkan sebanyak 250 bonggol anakan sagu yang akan segera ditanam dalam waktu dekat. Nantinya selain akan digunakan kepentingan penelitian bagi mahasiswa juga akan menjadi pusat percontohan bagi masyarakat terkait budidaya segu yang baik sebagai bahan makanan pokok cadangan setelah beras.

Demikian diungkapkan Rektor Unhalu Prof Dr Ir H Usman Rianse MS ketika ditemui wartawan koran ini di rektorat Unhalu (3/12).

Selain sagu juga melakukan pengembangan penggemukan ternak sapi. Umtuk kepentingan hal tersebut pihak Unhalu telah menyiapkan sapi ternak sebanyak 10 ekor.

Hal itu dilakukan agar menjadi wadah percontohan bagi masyarakat dan mahasiswa khususnya, agar lebih terampil dalam mengelola proses penggemukan ternak sapi yang baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Dalam program ini akan melibatkan mahasiswa, hanya saja dalam pengelolaannya diharapkan bisa dijalankan dengan baik. Sehingga mahasiswa yang terlibat di dalamnya bisa mendapat nilai tambah dari kegiatan itu.

Minimal mahasiswa bersangkutan bisa membayar SPP-nya dari hasil kegiatan yang dilakukannya itu. Manajemn pengelolaannya harus terbuka, karena kalau tidak demikian jangan sampai mahasiswa hanya diperas tenaganya, lalu hasilnya dinikmati oleh para dosen atau tenaga jurusan di fakultas yang menangani hal itu.

“Saya sudah pesan kepada ketua jurusan dan para dosen, agar mahasiswa yang terlibat di dalamnya dia tidak perlu lagi membebani orang tuanya, berpikir untuk bayar SPP, tapi dia bisa bayar SPP dengan kegiatan penggemukan ternak atau pemeliharaan pengembangan sagu yang dilakukannya di kampus”, ujar Usaman Rianse. *HUM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: