PKK Toari Juara Lomba Pangan

Kendari Ekspres, Sultra Daratan 2010-12-06 / Halaman 16

Tim Penggerak PKK Kecamatan Toari keluar sebagai juara 1 Lomba pangan 3B (Beragam, bergizi dan berimbang) tingkat Kabupaten Kolaka, yang digelar 2 Desember 2010, kemarin.

Lomba yang digelar digedung KONI Kolaka ditutup pelaksana harian Sekda Kolaka, H Fachruddin Rahim, mewakili Bupati Kolaka dan disaksikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sultra dan Ketua Tim PKK Kabupaten Kolaka, Hj Nurjati Buhari Matta.

Bupati Kolaka, H Buhari Matta, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plh Sekda Kolaka, mengungkapkan berbagai upaya dilakukan Pemkab Kolaka untuk mengantisipasi tidak terjadinya busung lapar dan gizi buruk, diantaranya pengembangan berbagai pangan lokal bergizi tinggi sebagai pangan alternatif, sehingga menjadikan daerah Kolaka setiap tahunnya memperoleh produksi padi yang surplus dan mendapat apresiasi positif dari pemerintah pusat berupa penghargaan ketahanan pangan tingkat nasional selama 5 tahun berturut-turut.

Menurutnya, salah satu program Pemkab Kolaka untuk memantapkan ketahanan pangan adalah mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok beras dengan menggantikan atau menggalakkan sumber daya pangan lokal yang sangat beragam yang dapat dioptimalkan pemanfaatanya seperti sagu, buah sukun, umbi-umbian, kacang-kacangan dan buahan lainnya.

“Kebijakan tentang pengembangan pangan alternatif yang sekarang mulai digalakkan pemerintah pusat, telah lebih dulu dilaksanakan di Kolaka sejak 4 tahun lalu”, katanya. *SAB/MAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: