Polres Baubau Tangkap Tersangka Pemilik Handak

Media Sultra, 2010-12-03 / Halaman 1

Polres Baubau berhasil menangkap LB (58) tersangka pemilikbahan peledak (handak_ berupa bom ikan sebanyak 6 botol. Handak itu siap pakai, dan pelaku diringkus di pesisir pantai One Desa Wara, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton, Kamis (2/12), sekitar pukul o5.00 Wita.

Tersangka tertangkap tangan saat hendak melakukan aksinya menangkap ikan dengan menggunakan bahan peladak.

Kapolres Baubau AKBP Daniel Aditya Jaya SIK ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/12), membenarkan penangkapan tersangka Lb. Dari tangan tersangka berhasil diamankan barang bukti berupa 1,5 kg amonium sitrat, obat nyamuk, korek gas serta 6 botol bom ikan siap pakai.

“Penangkapan ini dilakukan oleh anggota yang sedang patroli karena di TKP disinyalir ada kegiatan Illegal fishing dengan menggunakan bahan peledak sehingga saat tersangka hendak melakukan aksinya anggota langsung menangkap”, ungkapnya.

Dikatakan, saat ini tersangka Lb beserta barang bukti sudah diamankan di Mapoltabes Baubau untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kapolres mengharapkan masyarakat agar tidak menggunakan bahan peledak ketika menangkap ikan. Disamping berdampak buruk pada lingkungan juga sangat membahayakan diri sendiri.

“Tersangka kita jerat dengan Undang-undang Darirat No 12 tahun 51 tentang kepemilikan bahan peledak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara”, kata Daniel. (Has)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: