LSM Dinilai Lebih Kreatif Dibanding Institusi Hukum

Media Sultra, Hukum 2010-12-02 / Halaman 4

Lembaga sosial Masyarakat (LSM) dinilai lebih kreatif jika dibanding kinerja aparat penegak hukum yang bernaung dibawah lembaga atau institusi hukum yang bernaung dibawah lembaga atau institusi hukum di Sultra.

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Sultra Endang beberapa waktu lalu pada acara deklarasi Posko Pemantau Peradilan di salah satu Warung Kopi di Kendari.

“Kita sudah sering menyaksikan dan menbaca disejumlah kasus korupsi yang disuarakan sejumlah LSM dan organisasi kemahasiswaan. Ini merupakan contoh juka LSM dan mahasiswa lebih kreatif dalam melakukan advokasi dan menemukan sejumlah indikasi korupsi yang belum sama sekali tersentuh proses hukum”, katanya.

Menurutnya, pemegang kebijakan di institusi Polri, Kejaksaan dan Pengadilan seharusnya lebih kreatif dan proaktif dalam membrantas tindak pidana korupsi yang tentunya sangat merugikan masyarakat serta pengaruhnya terhadap kepercayaan publik.

Direktur LBH Kendari Anselmus yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu menuturkan, penegakan supremasi hukum di Sultra belakangan ini semakin dikerdilkan dengan penemuan sejumlah kasus besar oleh LSM dan organisasi kemahasiswaan.

“Kami menilai bahwa proses terjadinya tindak pidana korupsi berawal dari unsur pemegang kebijakan yang kemudian terstruktur hingga realisasi pelaksanaannya di lapangan”, ujarnya.

Hal itu disebabkan kurangnya pengawasan dari institusi penegak hukum meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum dan diskriminasi hukum yang dilakukan sejumlah oknum yang memegang kebijakan. (M-2/Ms-5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: