Dewan Sudah Ketemu Dirut PDAM

Media Sultra, Ibukota 2010-12-02 / Halaman 6

Untuk menyelesaikan masalah rencana pemanfaatan air mata Bondu yang masuk di wilayah Kabupaten Konawe, DPRD Kota Kendari telah melakukan pertemuan dengan Dirut PDAM Tirta Anoa Kendari, Said Sirate beberapa waktu lalu.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kendari, Bachrun Konggoasa, Rabu kemarin.

Dalam pertemuan itu, kata Bachrun, pihak PDAM akan menyelesaikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pekerjaan fisik pembangunan sarana dan prasarana pengambilan dan saluran pembawa mata air baku Matabondu.

Sementara untuk pembasahan tanah, pihak PDAM telah menyelesaikan hal itu.

Mengenai pembuatan nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of understanding (MoU) pihak PDAM telah menyusun draft. Dan draft itu telah diberikan ke Kabag Hukum Pemkot Kendari untuk dikaji.

Katanya, akan ada tim terpadu yang akan berkonsultasi dengan Pemkab Konawe terkait kesepakatan antara pemerintah kabupaten itu dengan Pemkot Kendari mengenai pembukaan mata air Matabondu.

Bachrun menambahkan, tidak ada masalah lagi terkait pembukaan mata air Matabondu. Untuk itu, ia mengharapkan agar pembukaan mata air Matabondu itu segera dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Kendari.

Sebelumnya, Pemkab Konawe telah melayangkan surat ke pemerintah Kota terkait kesepakatan permohonan melanjutkan pekerjaan fisik pembangunan sarana dan prasarana pengambilan dan saluran pembawa mata air baku Matabondu.

Surat yang ditanda tangani Bupati Konawe, Lukman Abunawas itu, menyepakati hal tersebut asalkan Pemkot melakukan pembayaran Izin Mendirikan  Bangunan (IMB) serta melakukan pembebasan lahan yang layak sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe tidak memberikan izin pengambilan pemanfaatan sumber air Matabondu, Kecamatan Bondoala, sebelum adanya penandatanganan MoU atau nota kesepakatan antara Pemkab Konawe dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Selanjutnya, Pemkab Konawe juga enggan memberikan izin pemasangan jaringan pipa induk (pipa transmisi) dari sumber air, khususnya di wilayah Konawe sebelum adanya nota kesepakatan itu. (M-4/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: