Banyak Usaha di Kota Kendari Melanggar SITU

Media Sultra, Ibukota 2010-12-02 / Halaman 6

Banyak perusahaan di Kota Kendari, sudah melanggar aturan Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Hal itu terbukti, Inspeksi Mendadak (Sidak), yang dilakukan tim Yustisi pengawasan SITU, Rabu (1/12), di Kecamatan Poasia dan Kecamatan Kambu, menemukan 20 perusahaan yang melanggar aturan SITU.

Koordinator PPNS Kota Kendari, Mansur, yang menjadi ketua tim dalam kegiatan sidak itu mengatakan, kemungkinan besar masih ada perusahaan di Kota Kendari, yang melanggar aturan SITU, karena sidak yang baru dilakukan di dua kecamatan saja, tim Yustisi sudah menemukan 20 pelanggaran.

Dari 20 perusahaan tersebut, ditemukan ada usaha pertokoan, namun 15 diantaranya telah memiliki SITU, hanya tidak membayar pajak dan melakukan perpanjangan SITU, sehingga SITU 15 perusahaan itu, disita tim yustisi. Sedangkan lima lainnya, memang sama sekali belum memiliki SITU, dengan alasan pemilik, bahwa perusahaannya itu baru didirikan, sehingga saat ini masih proses pengurusan izin.

“Perusahaan yang tidak memperpanjang SITU itu, kami sita SITU perusahaannya, untuk kemudian mereka melakukan pengurusan perpanjangan. Sedangkan untuk perusahaan belum memiliki SITU, memang diberi kebijakan sampai tiga bulan untuk melakukan pengurusan SITU”, kata Mansur.

Ia mengatakan, sejumlah pemiliki perusahaan yang melanggar aturan SITU tersebut, Senin mendatang dipanggil untuk menghadap di Kantor Walikota Kendari, untuk diberikan pemahaman dan ketegasan, agar kepengurusan SITU benar-benar menjadi perhatian.

Sementara itu, sidak di sejumlah perusahaan itu, akan dilakukan tim yustisi selama tiga hari. Sasarannya, semua perusahaan yang ada di Kota Kendari. (M-5/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: