Pemkab Butur Rampungkan Perda RTRW

Kendari Ekspres, Sultra Kepulauan 2010-11-30 / Halaman 16

Pemkab Butur dibawah pimpinan Drs HM Ridwan Zakariah MSi – Harmin Hari SP MSi bertekad merampungkan penyusanan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Buton Utara pada tahun 2010 ini. Hal ini diungkapkan Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Butur, Ir H Hado Hasina MT saat pemaparan RTRW Butur dihadapan tim Pemprov Sultra di Aula Bappeda Sultra baru-baru ini.

Menurut Hado Hasina, pembuatan Perda RTRW merupakan landasan awal untuk meletakkan dasar pembangunan di masa yang akan datang. Perda RTRW tersebut merupakan dasar kebijakan yang akan dilakukan pemerintah daerah berkaitan dengan penataan ruang wilayah di masa mendatang yang memiliki dasar hukum. “Perda RTRW ini sangat dibutuhkan untuk melegitimasi pembangunan hingga 20 tahun mendatang. Dengan Perda ini, pembangunan selain memiliki legitimasi juga bertujuan untuk menghindari konflik kepentingan masyarakat”, katanya.

Sebelum penetapan Perda RTRW tersebut, Hado Hasina mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan uji pablik dengan cara meminta saran dan pendapat dari semua komponen di Butur. “Kita akan lakukan uji publik secara terbuka bagi semua kalangan masyarakat Butur sehingga apa yang akan kita hasilkan ke depan benar-benar mendapat legitimasi dari masyarakat”, jelasnya.

Pada Raperda RTRW yang sedang dibahas saat ini, Hado Hasina menegaskan bahwa didalamnya terdapat beberapa pembagian kawasan mulai dari perkantoran atau kawasan pelayanan publik hingga kawasan budidaya yang kedepan akan dikembangkan. Hal lain yang menjadi hambatan penyusunan RTRW selama ini menurut Hado adalah sebagian besar wilayah di Buton Utara adalah kawasan hutan suaka margasatwa. “Ini yang kita kaji secara mendalam dan alhamdulillah semuanya sudah tidak ada masalah”, katanya optimis. *MAT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: