Indonesia Alami 8.000 Gempa Bumi dalam Setahun

Media Sultra, Selekta 2010-11-30 / Halaman 12

Kondisi letak geografis Indonesia yang berada pada tiga lempeng yang bergerak dinamis, mengakibatkan negara ini sering terjadi gempa bumi dan dalam setahun bisa mengalami 8.000 kali gempa bumi.

“Indonesia terletak di wilayah ring of fire pertemuan tiga lempeng bumi yang bergerak secara dinamis”, ungkap utusan Khusus Kepala Unit Kerja Presiden dan Pengawasan Pembangunan (UKP4), William Sabandar, di Makassar, Minggu (28/11).

Menurutnya, 8.000 gempa bumi yang terjadi dalam setahun tersebut memiliki kekuatan di atas empat skala richter (SR). Ia mengatakan, pergeseran lempeng bumi inilah yang menyebabkan terjadinya gempa bumi di Indonesia dan juga disertai dengan gelombang tsunami seperti yang terjadi di Aceh, Nias, Mentawai, dan sejumlah daerah lainnya.

“Selain gempa bumi dengan kekuatan di atas empat skala richter, Indonesia juga masih sering dilanda gempa bumi dengan kekuatan yang lebih kecil dengan tingkat intensitas yang sama”, imbuhnya.

Kondisi geografis yang berada pada wilayah ring of fire inilah juga membuat Indonesia memiliki 128 gunung berapi yang masih aktif, tambahnya. Pada bulan lalu, lanjutnya, sudah terdapat sebanyak 22 gunung berapi yang aktif dan siap meletus kapan saja serta memuntahkan lahar yang dapat memicu bencana.

“Gesekan lempeng yang semakin dinamis telah memicu kembali aktifnya gunung berapi di indonesia, dan bahkan yang telah tertidur selama ratusan tahun”, tuturnya.

Hal ini, kata dia, menunjukkan Indonesia memang harus semakin mengkrabkan diri dengan bencana alam, mengingat kondisi alan yang menuntut seperti ini.

Hidup akrab dengan bencana ini harus dimaknai sebagai kesiapan dan kesiagaan masyarakat Indonesia menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. (OL-9/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: