Forum Tata Ruang Tagih Janji DPRD Sultra

Media Sultra, Ibukota 2010-11-29 / Halaman 6

Forum Tata Ruang menagih janji dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sultra terkait revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Sultra. Koordinator Forum Tata Ruang Sultra, Hartono menyatakan, belum lama ini DPRD Sultra sempat memfasilitasi untuk rapat dengar pendapat (hearing) yang dihadiri tim terpadu (Timdu) RTRW Sultra dan beberapa anggota Forum Tata Ruang.

Hasil dari hearing itu, pertama, DPRD Sultraakan menyurati Menteri Kehutanan dan DPR RI untuk menghentikan sementara proses RTRW. Kedua, DPRD akan melakukan hearing yang melibatkan timdu RTRW, pemerintah kabupaten/kota, serta masyarakat. Ketiga, DPRD akan membentuk panitia khusus untuk malakukan kroscek lapangan atas hasil timdu terhadap wilayah yang diusulkan dalam revisi.

Namun, kata Hartono, apa yang dijanjikan oleh DPRD Sultra itu belum juga dilakukan saat ini.

“Untuk itu kami himbau kepada DPRD Sultra agar segera melakukan tiga poin dari hasil hearing itu. Jika tidak, itu akan menjadi catatan buruk bagi DPRD Sultra sendiri”, jelas Hartono dalam konfersi persnya di kantor Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sultra, pekan lalu.

Hartono menyatakan, Timdu RTRW Sultra baru saja melakukan pleno revisi RTRW substansi kehutanan dengan merekomendasikan 166.036 hekter perubahan kawasan hutan pada berbagai fungsi kawasan hutan. Adapun hasil rekomendasi itu sudah diserahkan ke Menteri Kehutanan.

Namun, Forum Tata Ruang mengaggap hasil kerja Timdu masih perlu dicek apakah rekomendasi itu sudah sesuai usulan pemerintah daerah kabupaten/kota atau kepentingan investasi pertambangan dan perkebunan atau kepentingan modal lainnya.

Untuk itu, Forum Tata Ruang Sultra menyatakan sikap agar DPRD Sultra harus tegas menyatakan sikap agar DPRD Sultra harus tegas dalam pengawalan dan pengawasan RTRW Sultra. Pasalnya, RTRW Sultra itu merupakan kepentingan orang banyak. (M-4/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: