Bersih-bersih Bukan Hanya Untuk Adipura

Kendari Ekspres, Kendari Bersih 2010-11-29 / Halaman 8

Kecamtan Kambu, Kota Kendari, merupakan daerah pengembangan, pecahan Kecamatan Poasia ini menjadi salah satu kawasan yang menjadi pusat pengembangan bisnis, pendidikan dan pemerintahan. Tidak heran kalau kecamatan yang terdiri dari 4 (empat) kelurahan, yakni kelurahan Kambu, Mokoau, Lalolara, dan Kelurahan Padaleu, ini terus menggeliat menuju perubahan yang lebih maju.

Sebagai Kecamatan yang belum berumur 5 (lima) tahun dan terus berkembang, keasrian dan kebersihan lingkungan tentu saja selalu ternacam. Untuk itu, aga rkeindahan dan kebersihan di wilayahnya tetap terjaga, Camat Kambu, Drs Arsyad Alastum bekerjasama dengan 4 (empat) orang lurah di wilayah pemerintahannya untuk mengintensifkan kerja bakti melakukan pembersihan.

“Kami kerja bakti melakukan pembersihan bukan hanya untuk Adipura. Buktinya sekarang, meski penilaian Adipura sudah selesai, kami tetap melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan yang kotor”, ujar Arsyad Alastum di sela-sela kerja bakti bersama seluruh lurah se-Kecamatan Kambu, jajaran staf Kecamatan Kambu, dan staf masing-masing kelurahan. Kerja bakti itu dilaksanakan di Jalan Kharisma I Kelurahan Kambu, Jumat (26/11).

Menurut Arsyad Alastum, kerja bakti bersama para lurah, staf kecamatan, dan staf kelurahan seperti itu sudah merupakan kegiatan rutin yang sudah lama dilakukan. “Kerja bakti seperti ini kami (pihak kecamatan,red) lakukan setiap hari Selasa dan Jumat. Dan ini kami lakukan secara bergilir di setiap kelurahan. Sedangkan jadwal kerja bakti setiap kelurahan bersama wargamasyarakatnya dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu”, terang Arsyad Alstum.

Satu kesyukuran Arsyad Alastum karena warga masyarakatnya sudah bangkit kesadarannya untuk intens melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal atau kediaman mereka.

Satu-satunya kendala yang masih dihadapi Arsyad Alastum bersama jajarannya sampai saat ini adalah banyaknya lahan tidur atau lahan kosong di wilayah pemerintahannya karena belum dimanfaatkan pemiliknya.

Banyak lahan kosong ini, menurut Arsyad, mengakibatkan kendala dari segi pembersihan dan pajak. “Untuk solusi pembersihannya, terpaksa kami (pemerintah kecamatandan kelurahan) yang membersihkan. Seperti yang kita bersihkan sekarang, ini kan lahan kosong semua karena pemiliknyamtidak berada di kota Kendari. Rata-rata mereka berada di luar Kendari”, jelasnya.

Sedangkan untuk masalah pembayaran pajak lahan kosong ini, Arsyad Alastum menempuh solusi dengan cara mengembalikan atau menyerahkan SPPT lahan-lahan kosong tersebut kepada Dispenda Kota Kendari. “Kami serahkan SPPT-nya ke Dispenda, nanti Dispenda yang menyurati para pemilik lahan”, imbuhnya.

Agar kecamatan Kambu tetap bersih dan asri, Arsyad Alastum berharap supaya seluruh warga masyarakatnya teap sadar dan terpanggil sendiri untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Selain itu, kepada seluruh pemilik lahan tidur, Arsyad meminta agar memikirkan kebersihan lahannya. “Kalau memang dia sendiri (pemilik lahan,red) tidak bisa karena berada di luar Kendari mungkin bisa minta  tolong keluarganya yang ada di Kendari untui membersihkan lahannya”, pintanya.

Kepada Pemerintah Kota Kendari, Arsyad Alastum berharap agar hasil-hasil Musrembang yang diusulkan pihak kecamatan, seperti, drainase dan pengaspalan jalan bisa direalisasi secepatnya. “Kalau draenase dan jalan-jalan diaspal, otomatis volume kerja bakti pemerintah kecamatan dan kelurahan serta warga masyarakat pasti berkurang. Selain itu, pemandangan kota juga pasti semakin indah nan asri”, pungkasnya. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: