Turunkan Status TNRAW, Tim RTRWP Tidak Independen

Media Sultra, Selekta, 2010-11-26 / Halaman 12

Dosen Kehutanan Universitas Haluoleo (Unhalu) Safril Kasim menilai, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra tetap mengusulkan penurunan status sebagian kawasan Taman Nasional Rawa Aopa (TNRAW) menjadi hutan produksi, karena tim revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) yang tidak independen.

“Saya rasa tim inilah yang memberikan informasi yang salah kepada gubernur sehingga beliau mengusulkan untuk menurunkan sebagian status RTRW itu. Orang-orang yang masuk dalam tim inilah yang tidak becus kerjanya atau bahkan mungkin tidak independen, sudah terpengaruh oleh para investor”, pungkasnya.

Sapril Kasim mengusulkan sebelum mengusulkan penurunan status sebagian kawasan TNRAW, harusnya dibicarakan terlebih dulu mengenai peranan kawasan konservasi tersebut bagi masyarakat dan ekosistem yang ada di sekitarnya sebelum diturunkan statusnya.

Menurut Saoril, sebelum mengalihfungsikan TNRAW, sebaiknya semua pihak-pihak yang memiliki kepentingan harus menyamakan persepsi dulu mengenai pentingnya TNRAW ini. Setelah itu baru dipelajari untuk apa kawasan tersebut beralih fungsi dan dampaknya kedepan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

“Tidak mungkin pemerintah menjadikannya taman nasional jika tidak memiliki peranan yang sangat besar di dalam masyarakat”, ujarnya saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (23/11).

Sapril menambahkan penurunan status sebagaia kawasan TNRAW ini harus melalui penelitian yang sungguh-sungguh dengan melibatkan pihak-pihak berkepentingan serta tim yang independen. Apalagi TNRAW merupakan salah satu daerah tangkapan air yang memasok DAS (Daerah Aliran Sungai) Sampara air PDAM Kota Kendari.

Seperti diberitakan Madis ini sebelumnya, Gubernur Sultra Nur Alam akan mengusulkan penurunan sebagai kawasan hutan TNRAW ke pemerintah pusat, yang peruntukannya perkebunan tebu dan persawahan. (M-11/Ms-5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: