Pemkab Buton Perketat Perizinan Tambang Pasir

Media Sultra, Daerah 2010-11-26 / Halaman 7

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup memperketat izin penambangan pasir.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Drs H. Sulaeman Safaa, selaku Ketua Tim Pemeriksa UKL-UPL Kabupaten Buton mengatakan, sesungguhnya pihak pemerintah tidak melarang sepenuhnya penambangan pasir di Batauga. Yang dilakukan pemerintah adalah mengatur pengelolaan penambangan agar tidak merusak lingkungan.

Penambangan pasir yang dilakukan kelompok masyarakat, tentu berdampak positif bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

“Tetapi kita semua pun tidak menginginkan kegiatan yang menjadi mata pencaharian masyarakat itu, justru merusak kelestarian lingkungan dan keseimbangan alam”, harap Sulaiman.

Sekertaris Komisi Amdal Kabupaten Buton, Alimudin, SE mengatakan, pemerintah telah memberikan kesempatan kelompok masyarakat, untuk menambang pasir di Kecamatan Batauga. Kemudian mencari alternatif areal penambangan pasir di tempat lain.

“Namun dengan catatan sepanjang proses izin dan mekanisme sesuai dengan peraturan. Dan yang terpenting sekali lagi adalah tidak merusak lingkungan”, tegas Alimudin.

Sementara itu, salah satu kelompok masyarakat sebagai pihak pemrakarsa yang mengusulkan izin pengelolaan dan penambangan pasir di Kelirahan Masiri Kecamatan Batauga di tolak dan belum diberi izin. Kelompok yang dimotori olah Yamin itu dalam uji dokumen ternyata status lokasi mereka di areal yang menurut pihak Dinas Kehutanan, termasuk lokasi hutan produksi.

Bakohumas Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Asaru Muslim, S.Km menjelaskan, sampai sekarang telah delapan kelompok masyarakat yang mengantongi izin penambangan pasir rakyat di Kecamatan Batauga. (has)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: