Kombeli Dapat Bantuan 2.200 Pohon Mahoni

Media Sultra, Daerah 2010-11-26 / Halaman 7

Kelurahan Kombeli mendapat bantuan 2.200 pohon Mahoni untuk ditanam pada lahan tidur seluas 50 hekter di tengah kota Pasarwajo, Kabupaten buton. Bantuan tersebut dikucurkan melalui program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Masyarakat Pedesaan/Lingkungan Mandiri Pedesaan (PNPM-MP/LMP) tahun 2010. Bantuan itu diperuntukan bagi 100 KK.

“Bantuan pohon Mahoni tersebut merupakan hasil usulan masyarakat, melalui LMP tahun 2010”, kata Lurah Kompeli, Jura Hamka SPd. Pemanfaatan lahan ini dilakukan karena lahan tidur yang sudah bertahun-tahun ditinggalkan tidak subur lagi untuk ditanam dengan tanaman jangka pendek seperti jagung, ubi kayu dan ubi jalar.

“Lahannya sudah tidak subur lagi untuk tanaman jangka pendek sehingga Mahoni akan ditanam di lahan tersebut”, ungkapnya.

Diharapkan ke depan, penanaman pohon ini dapat memberi manfaat ganda kepada masyarakat. Sepain menghijaukan lahan tandus dan gundul, juga dapat dijadikan sebagai kayu olahan bahan baku dan bahan bangunana seperti kerajinan lemari, kursi dan meja.

“Manfaatnta untuk penghijauan dan ke depannya kayunya bisa dimanfaatkan masyarakat”, katanya. (Has)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: