Amdal Pelabuhan Kontainer Belum Rampung

Kendari Ekspres, Metro Ekspres 2010-11-26 / halaman 10

Pembangunan pelabuhan kontainer di Kelurahan Bungkutoko masih terus berlangsung, namun ternyata hingga saat ini Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) terhadap objek pembangunan tersebut belum rampung.

“Proses Amdal masih berlangsung yang dianggarkan melalui APBD 2010. Insya Allah akhir tahun ini Amdalnya telah rampung 100 persen”, kata Kadis Perhubungan Provinsi Sultra, Burhanuddin HS Noy kepada wartawan, Rabu (24/11).

Studi Amdal terhadap pelabuhan kontainer tersebut menjadi salah satu persyaratan untuk mengetahui sejauh mana dampak lingkungan terhadap pembangunan pelabuhan, baik dari sisi daratannya maupun dari sisi lautnya.

Burhanuddin optimis pelabuhan ini akan rampung pada 2013 mendatang dan 2014 nanti sudah dioperasikan.

“Diperkirakan 2013 mendatang, semua fasilitas lautnya, termasuk pembangunan fisik pelabuhan telah rampung. Kita perkirakan 2014 nanti, pelabuhan ini sudah bisa beroperasi”, terangnya.

Pelabuhan kontainer Bungkutoko dibangun sejak 2009 lalu, atas kesepakatan pemerintah Kota Kendari, Pemprov dan Pemerintah Pusat. Pemkot Kendari bertanggung jawab atas pembebasan lahannya, Pemprov sebagai fasilitator sekaligus pelaksana, dan pemerintah pusat bertanggung jawab terhadap anggarannya.

Pembangunan pelabuhan ini sangat prioritas untuk memudahkan akses bongkar muat kapal kontainer yang bersandar di Kota Kendari, karena kondisi pelabuhan kota lama yang saat ini digunakan bongkar muat kontainer sudah tidak memadai. sementara kapasitas bongkar muat dari tahun ke tahun terus meningkat. *CR2/B/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: