standar Isi mulok Disusun

Kendari Pos, Edukasi 2010-11-25 / Halaman 14

Dinas Diknas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari melaksanakan workshop sertivikasi guru, penetapan standar isi mulok. Workshop yang diikuti peserta tingkat TK s.d SMA/SMK sinergi dengan implementasi pendidikan keterampilan pengelolaan lingkungan hidup (PKPLH) dalam muatan lokal (mulok). Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 2 Kendari sejak 23 s.d 24 November.

Menurut panitia dari Focil Kendari, La Ode Wahid didampingi Agus Darmawan mengatakan sejak 2006, PKPLH dalam mulok telah diterapkan. Namun hasil pemantauan dan evaluasi tim terpadu, masih terdapat beberapa kelemahan.

Kelemahan dimaksud seperti perangkat kurikulum yang belum lengkap, kapasitas tenaga pengajar yang belum merata, dan dukungan pendanaan para pihak (Goverment-Community) yang belum terpadu dan terarah. Selain itu, belum adanya strategi jejaring yang jelas dari Jaringan Guru Hijau (JGH) Kendari sebagai wadah para pendidik mulok PKPLH.

“Dengan melihat fakta seperti itu, terdapat beberapa peluang yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan. Untuk itulah, sertifikasi guru dan kejelasan sinergi program implementasi antara lembaga-lembaga pemerintah dan dukungan pihak lain adalah contoh yang bisa diterapkan. Dengan demikian, workshop yang dilakukan untuk mempertemukan para guru mata pelajaran mulok PKPLH dan perwakilan lembaga pemerintah”, katanya.

Dalam workshop tersebut meliputi penyajian materi, diskusi kelompok, dan presentase, yang diharapkan dapat melahirkan ide-ide baru untuk diterapkan dalam mulok di sekolah masing-masing. Secara umum, para guru akan mendapat standar isi dan kompetensi dasar PKPLH. Namun, implementasi pembelajaran tetap disesuaikan dengan kondisi sekolah, dengan memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

Workshop selain memperbaiki beberapa kekurangan dalam implementasi mulok PKPLH, kami harapkan dapat mempertemukan ide dan gagasan. Penyamaan persepsi itu diharap datang dari para pengampuh mata pelajaran mulok, pengurus Jaringan Guru hijau (JGH), dan perwakilan pemerintah dan non pemerintah, guna mensosialisasikan peluang sertifikasi guru mulok , dan juga meningkatkan kualitas standar isi mulok PKPLH.

Selain itu katanya, “luaran kegiatan yang berupa standar isi mulok PKPLH yang siap disahkan Walikota, strategi sertifikasi guru mulok PKPLH yang bisa diaplikasikan para guru yang belum tersertifikasi dan naskah kesepakatan bersama kepala Dinas Pendidikan Nasional dan Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari”, tukasnya. (p2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: