RPJM Kelurahan Tanpa RTRW = Nol

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-25 / Halaman 9

Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di tingkat kelurahan dan kecamatan merupakan salah satu upaya memacu partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan di wilayahnya. Melalui RPJM tingkat kelurahan, masyarakat dapat merumuskan sendiri program-program prioritas yang dibutuhkan.

Hal itu dikatakan pengamat tata ruang wilayah dari Unhalu, Ir Safril MES, saat membawakan materi materi dalam kegiatan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Kapasitas Tenaga Perencanaan Lingkup Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Kota Kendari, di Hotel Athaya Kota Kendari, Rabu (24/11).

Safril menegaskan, RPJM Kelurahan kelurahan yang disusun dengan semangat pertisipasi masyarakat yang besar tidak akan berarti apa-apa jika tidak mengacu pada konsep Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota yang sedah ditetapkan.

“Saya tidak tahu parsis, apakah RTRW Kota Kendari sedah disahkan atau belum yang pasti, RTRW merupakan salah satu acuan dalam penyusunan RPJM”, kata Safril alumni magister ilmu lingkungan universitas Kanada.

Safril mengatakan, RTRW yang belum jelas tentunya akan mengaburkan arah dan tujuan pembangunan kelurahan/kecamatan yang semestinya sudah tertuang dalam RPJM kelurahan/kecamatan.

Safril menilai, penyusunan RPJM di tingkat kelurahan/kecamatan merupakan sebuah lompatan besar yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari. Menurutnya, upaya-upaya seperti ini belum dilakukan di daerah lain dalam wilayah Sulawesi Tenggara. Meskipun , kata dia, untuk merasionalisasi program ini dibutuhkan dana.

Safril mengatakan, pelatihan itu sangat berarti dalam rangka memberikan pemahaman metode perencanaan partisipatif. *CR4/B/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: