Kecamatan Kabangka Sentra Peternakan Sapi

Kendari Ekspres, Ekonomi 2010-11-25 / Halaman 3

Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara 9Sultra) akan mengorbitkan Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna sebagai sentra peternakan sapi. Makanya, sejak tahun 2009 sebagian besar bantuan sapi dialokasikan di daerah ini untuk mempercepat pencapaian target tahun 2013 mendatang.

Menurut penjelasan Kepala Dinas Pertanian Sultra, Ir Mansur MTP, Senin (22/11), Kecamatan Kabangka dinilai sangat potensial sebagai sentra peternakan sapi unggul, jenis sapi Bali.

Tahun 2009 melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Dinas Pertanian Sultra menyalurkan 142 bibit sapi kepada beberapa kelompok tani yang ada di Kecamatan Kabangka. Sedangkan tahun ini, jumlah bibit sapi yang diberikan ke kecamatan tersebut mencapai 120 ekor.

“Bukan hanya bibitnya, kita juga bantu sarana pendukungnya. Dua unit Pos Kesehatan Kewan (Poskewan) sudah dibangun. Untuk menambah pendapatannya, mereka juga dilatih dan dibimbing mengenai cara penggemukan sapi, pemanfaatan kotoran sapi untuk pupuk. Ini selaras juga dengan program Go Green”, tambah Mansur.

Menyinggung apa yang menjadi alasan sehingga jenis sapi Bali yang dipilih Dinas Pertanian Sultra untuk dikembangkan di Kecamatan kabangka, kata Mansur, Jenis sapi ini terbukti memiliki keunggulan dibanding jenis sapi lainnya.

Salah satunya keunggulan itu antara lain, sapi Bali tahan terhadap serangan penyakit dan tingkat produksinya (melahirkan) sangat tinggi. *P7/B/ARI

3 Responses

  1. apakah sapi Bali cocok dikembangkan di sumatera barat?

  2. semangat pa :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: