Muna Dicanangkan Jadi Pusat Pengembangan Ternak

Media Sultra, 2010-11-24 / Halaman 1

Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna, dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Sultra sebagai pusat pengembangan peternakan khususnya ternak sapi.

Wakil Gubernur Sultra Saleh Lasata mengatakan, dalam APBD tahun 2009, dan APBN tahun 2010, bantuan ternak sapi telah direalisasikan di daerah itu dengan jumlah ratusan ekor.

Dirinci oleh Kepala Dinas Pertanian, masing-masing 140 ekor pada APBD tahun 2009 dan 120 ekor pada APBN tahun 2010. Dengan demikian total bantuan sapi bibit jenis sapi Bali itu sebanyak 260 ekor.

“Kita harapkan 2013 donasi dari peternakan itu sudah bisa kelihatan”, kata Mansyur, Kadis Pertanian.

Untuk mendukung program tersebut, telah dibangun pula satu unit Posko Kesehatan Hewan (Poskewan) serta rehabilitasi Poskewan lama.

Catatan Dinas Pertanian sendiri, penjualan sapi bibit secara legal ke luar Sultra saat ini sudah bisa mencapai dua ribu ekor per tahunnya. Dan diperkirakan yang keluar secara illegal sekitar 50 ekor per tahunnya.

“Kalau kita hitung-hitung secara kasar kita bisa keluarkan 2 ribu ekor sapi untuk sapi bibit dan 3 ribu ekor untuk sapi potong, tapi kita akan fokus dulu untuk swasembada daginh”, kata Mansyur. (R-3/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: