Gempa Guncang Kendari

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-24 / Halaman 9

Kota Kendari dan sekitarnya di guncang sekitar pukul 12.36 Wita, Selasa (23/11). Getaran gempa berlangsung tiga hingga lima detik.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Suardi yang dikonfirmasi menjelaskan, pusat gempa berada di wilayah Konda tepatnya sekitar 4,04′ LS – 122,42′ BT. “Kekuatan gempa terbilang kecil yakni berkisar 3 SR. Untuk kedalaman itu sekitar 10 KM”, jelas Suardi.

Suardi juga menambahkan, kekuatan gempa 3 skala richter (SR) sama sekali tidak berpotensi terjadinya stsunami. Meski demikian, warga tetap diminta untuk waspada kemungkinan adanya gempa susulan. “Kami hanya meminta warga untuk tetap waspada dan menghimbau jika terjadi gempa maka tempat yang paling aman adalah berada di luar rumah”, imbau Suardi.

Informasi yang dihimpun, gempa yang terjadi kemarin lebih banyak dirasakan warga yang berada di bangunan berlantai lebih dari satu. “Saya sampai berlari dari lantai 3 lantaran guncangan gempa sangat terasa”, kata sal;ah seorang PNS Kota Kendari.

Sehari sebelumnya, wilayah Sultra juga diguncang gempa yakni di perairan Pulau buton. Kekuatan gempa yang terjadi di buton mencapai 4,5 SR. *IAN/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: