Warga Khawatir Sampah Menumpuk

Kendari Pos, Metro Kendari 2010-11-23 / Halaman 9

Pasar tradisional identik dengan kejorokan. Hal ini membuat warga sekitar relokasi pedagang khawatir. Seperti diungkapkan warga Jalan Bahagia, Rida dan warga Perumahan Bonggoeya, Titi.

“Kalau pasar sentra Wuawua untuk sementara waktu pindah di areal tersebut, pastinya kami senang. Karena selain jarak pasar semakin dekat, kami dapat berjalan kaki tanpa buang ongkos ojek Rp 4 ribu. Areal tersebut pun semakin ramai. Ini akan mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar”, ungkap pemilik salah satu kios di jalan Bahagia, Rida. Tapi untuk soal sampah. Ia cukup khawatir apalagi pasar tradisional identik dengan kejorokan.

Warga perumahan Bonggoeya, Titi mengaku dirinya dan tetangga lainnya merasa khawatir juga jika para pedagang kelak tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan pasar, yang notabene dekat dengan aliran sungai yang bermuara ke Wanggu. Perumahan mereka dikelilingin sungai tersebut.

“Areal perumahan kami berada dikerendahan. Selama ini kami selalu menjaga kebersihan aliran sungai tersebut. Kami khawatir jika sampah menumpuk, areal perumahan kami dapat tergenang air, apalagi musim penghujan seperti saat ini”, ujar Titi.

Karena itu sebagian solusi, ibu satu puteri ini minta Pemkot menyeediakan tempat sampah memadai. “Selain itu harus membuatkan drainase keliling, karena perumahan Bonggoeya ini bersebelahan langsung dengan areal pasar. Dengan begitu sampah cair para pedagang, dapat tersalurkan melalui drainase tersebut dan tidak sampai mengenai pekarangan masyarakat”, katanya. (cr6)

Advertisements

4 Responses

  1. Salam kenal dari warga Perumahan Alam Tirta Lestari

  2. tak isi lagi yaaaa,cara mengatasi sampah gak sulit,saya sdh lama menanganinya gakpernah adamasalah kan sdh ada teknologi pemusnah sampah,silahkan buka teknologitpa.blogspot.com atau inovasi pemusnah sampah dlanggu seberapa banyaknya sampah,kondisi apa sampahnya(basah/kering)semuanya teratasi dengan baik.

  3. teknologitpa.blogspot.com betul-2 hebat dalammemusnahkan sampah jenis apa saja kondisi basah sekalipun,tanpa bahan bakar apapun,saya pembuatnya sdhbanyak yg.pakek,warga secara pribadi,perumahan,kelurahan,pasar,bahkan pabrik/perusahaan,semua berhasil dan gakpernah lagi ada persoalan dengan sampah.

  4. teknologitpa.blogspot.com,bersifat permanen,beaya pembuatan tdkmahal,tidak perlu lahan yg.luas,contoh satu unit uk.l80 cm x l80 cm tinggi 3,5 m itu sdh dapat mengatasi sampah satu pasar,sampah warga 4 kampung dan 50 warung,tdk sampai menimbulkan polusi karena dilengkapi cerobong asap keatas juga tdk ada bau karenaudara sekitar tersedot keatas bersama panasnya pembakaran,ada minat hub.saya alamat dan.no.hp ada di blogger.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: