Tinggi Bangunan Tak Boleh Lebihi Pohon Kelapa

Media Sultra, Daerah 2010-11-23 / Halaman 7

Guna menjaga keaslian Wakatobi, salah satu yang dikedepankan adalah menjaga agar bangunan-bangunan yang didirikan tidak melebihi tinggi pohon kelapa.

Kepala Badan Perencanaan, Penanaman Modal, Pelatihan dan Pengembangan Daerah, Wakatobi, Ir Abdul Manan MSc, baru-baru ini, mengatakan, dalam rencana tata ruang wilayah Wakatobi yang dituangkan, Wakatobi harus dijaga keasliannya.

“Artinya, Wakatobi jangan berubah, hanya karena berdirinya bangunan-banguan baru”, katanya.

Dalam mendirikan bangunan sangat dianjurkan agar tingginya tidak melebihi pohon kelapa. Karena Wakatobi pulau kecil, memiliki luas lautan lebih besar dibandingkan daratannya. Jika tidak dijaga keasliannya dari segi penataan bangunan bisa membuat yang menarik dari Wakatobi hilang secara perlahan.

“Kalau hal itu tidak dijaga, tentunya tidak ada lagi daya tarik yang bisa mendorong pengunjung datang ke Wakatobi”, jelasnya.

Makin banyak pengunjung wisata ke Wakatobi, prospek ekonomi masyarakat semakin bagus. Para pengunjung itu tentunya akan berbelanja, mulai kenutuhan transportasi, menginap, makan, souvenir dan lain sebagainya. Otomatis ekonomi di daerah dan masyarakat akan mengalami penigkatan. (Cr-4/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: