Penambangan Galian Golongan C Illegal Masih Ditemui

Kendari Ekspres, Sultra Daratan 2010-11-23 / Halaman 16

Penambangan galian golongan C (tanah, batu dan pasir), yang diduga illegal masih ditemui di beberapa wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

“Biasanya untuk kepentingan pribadi memang masih ditoleransi. Ada beberapa pengusaha yang kita temui namun di daerah-daerah yang jauh dari pusat ibu kota sehingga sulit dipantau”, kata Kepala Bidang Pertambangan Umum dan Energi Kolaka Utara, Masmur, belum lama ini.

Untuk pengusaha tambang galian C di Lasusua, menurut Masnur, rata-rata telah berizin karena mudah pemantauannya. Petugas lapangan dapat menjangkaunya. Namun demikian pihaknya tetap melakukan imbauan agar warga dan pengusaha tidak sembrono menambang karena dapat membahayakan atau merusak lingkungan.

“Seperti mengambil pasir atau batu di sungai yang dekat jembatan atau jalan raya dan menambang di lereng-lereng kali”, kata Masnur.

Jarak areal tamabng dari fasilitas umum yang dibolehkan kurang lebih 500 meter. Hal ini untuk menghindari kikisan di sekitar fasilitas umum, seperti jembatan agar tidak ambrol akibat pengikisan. Guna menekan aksi penambangan illegal, Dinas Pertambangan tengah melakukan pembenahan.*CUK/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: