Kolut Punya Satu Blok Migas

Kendari Ekspres, Sultra Daratan 2010-11-23 / Halaman 16

Kabupaten Kolaka Utara memi8liki blok tambang minyak dan gas (migas). Lokasinya berada di perairan Teluk Bone, perbatasan sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

“selain tambang nikel batu chrome, Kolaka Utara juga memiliki potensi satu blok migas”, kata Sekertaris Dinas pertambangan dan Energi Kolaka Utara, Ihwan, belum lama ini.

Namun, hingga kini belum ada pengusaha yang meliriknya, menyusul kecilnya potensi migas. Menurut Ihwan, selama ini investor lebih tertarik pada daerah-daerah yang memiliki kandungan minyak beberapa blok. Terkait biaya penelitian atau eksplorasi yang cukup besar.

“Kemungkinan untuk tambang kecil. Tapi yang lebihi paham adalah pemerintah pusat. Urusan perijinan migas dipegang langsung pemerintah pusat. Daerah hanya bersifat koordinasi”, kata Ihwan.

Sultra yang kaya potensi migas adalah Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Buton. Namun, pemerintah Wakatobi berniat mempertahankan menyusul adanya taman bawah laut, yang selama ini menjadi ikon daerah tersebut.

Selain migas, Kolaka Utara juga memiliki potensi tambang batu bara. Seperti yang ada di Kabupaten Konawe Utara. Di mana lokasi wilayah atau area mengandung batu bara merupakan pada daeah yang berbatasan antara Koalaka Utara dan Konawe Utara. “Tidak jauh daerahnya, berbatasan”, kata Ihwan.

Potensi tambang batu bara Kolaka Utara berada di Kecamatan Ngapa. Sayangnya belum ada yang berminat. Potensinya juga tak beda dengan migas kecil. *CUK/DUL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: