Sultra Segera Bangun Pabrik Pakan Ayam

Kendari Ekspres, Ekonomi 2010-11-20 / Halaman 3

Dalam waktu dekat. Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara bakal mengusahakan pembangunan pabrik pakan ayam di Kecamatan Bondoala Kebupaten Konawe. Selama ini biaya pemeliharaan ayap petelur terkuras banyak untuk pengadaan pakannya, yang cukup kerap didatangkan dari daerah tetangga, Makassar.

“Petani banyak mengeluhkan hal itu. Biaya perawatan ayam paling banyak dihabiskan untuk pakan. Kalau selama ini harus terus mengharapkan dari pabrik pakan dari Makassar, tentu ongkosnya cukup tinggi. Untuk itu kami bernisiatif untuk segera membangunkan juga pabrik pakan disini”, terang Kepala Dinas Pertanian Sultra, Ir Mansur MTP, selasa (16/11).

Pemerintah telah menganggarkan sekitar Rp 50 Milyar untuk rencana tersebut. Sebagaimana diantaranya telah dipakai untuk pengadaan alat.

Rencana pembangunan pabrik pengolahan pakan ayam, lanjut mansyur, desain pengelolaannya nantinya akan dikelola oleh pihak swasta dan pemerintah. Pemerintah khusus mengawal proses dan bantuan operasional proyek tersebut.

“Pembangunannya akan sharing antara pemerintah dan swasta. Dalam waktu dekat segera diupayakan penyelesaian pembangunannya”, ucapnya lagi.

Khusus kebetulan telur masyarakat, tukas Mansyur, Sultra baru bisa memenuhi sekitar 70 persen kebutuhan telur masyarakat, sisanya disuplai dari daerah lain seperti Makassar.

“Yang penting kita konsisten untuk mendukung hal itu, baik dari petani sendiri maupun pemerintah”, tukasnya. *P7/B/ARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: