Dewan Akan Panggil Tata Kota

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-20 / Halaman 9

Masalah penetapan garis sepadan dalam wilayah Kota Kendari belum bisa terpecahkan. Dewan Kota Kendari menilai malah penerapan aturan sepadan amburadul. Masalah itu dipicu oleh tingkat koordinasi antar instansi masih minim.

“Persoalan ini memang harus segera disikapi. Tidak bisa terus menerus dibiarkan karena pengeruhnya ke wajah kota. Nanti kami akan panggil Dinas Tata kota dulu”, tutur Ketua Komisi III DPRD kota Kendari, Aladin, jumat (19/11).

Menurutnya, Kota kendari nyaris sudah dipenuhi ruko-ruko. Hanya saja pada pembangunannya sering tidak terkontrol. Akibatnya banyak ruko dibangun tanpa memperhitungkan drainase sehingga katika hujan deras, banjir pun tak bisa dihindari.

Lokasi ruko-ruko di sebagian wilayah Kota sudah mirip gergaji.

Begitupun pemandangan ruas jalan Wuawua, Kerap namanya kemacetan juga bisa dihindari akibat rentan jarak antar bangunan terlalu rapat. Wajar jika sering terjadi kemacetan di wilayah sana karena jarak antara ruko dengan badan jalan sengat mepet sekali.

Sejatinya, jika merujuk ke aturan garis sepadan, ruas jalan dengan bangunan idealnya 25 meter. Sebagaimana ditetapkan garis sepadan pagar (GSP) adalah 25 meter dari median (Trotoar tengah jalan). Namun kecendrungan GPSD ruko hanya berjarak 13 meter dari median.

Padahal, lanjut Politisi  PAN Kota ini, setiap pembangunan ruko atau sejenisnya harus melalui mekanisme yang sudah diatur sekurangnya empat instansi teknis seperti Dinas PU, Bangunan dan Tata Kota, Kantor Lingkungan Hidup serta Pelayanan Perizinan. Keempatnya harus sejalan dalam memberikan persetujuan izin prinsip pembangunan. *MUR/LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: