Pemerintah Leluasakan Masyarakat Kelola Hutan

Media Sultra, Ibukota 2010-11-16 / Halaman 6

Kepala Seksi Persemaian Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sultra, Dharma Prayudi mengatakan, untuk 2010 ini, Departemen Kehutnan mempunyai program pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM).

PHBM itu terbagi menjadi dua, yakni pengelolaan hutan kemasyarakatan serta pengelolaan hutan desa. Dalam hutan kemasyarakatan, kata Dharma, masyarakat diberi keleluasaan untuk mengelola hutan dengan cara berkelompok. Sementara pengelolaan hutan desa diberikan kepada masyarakat mengatasnamakan desa setempat.

Dalam program itu, masyarakat diberi keleluasaan untuk mengelola hutan seperti bercocok tanam dengan tujuan tidak merusak. Pasalnya, dengan merusak hutan maka hal itu berdampak negatif terhadap lingkungan.

Ia mengatakan, PHBM itu diberikan kepada masyarakat yang hidupnya tergantung dari hasil hutan. Sehingga dengan mengelola hutan masyarakat dapat bertahan hidup.

Ia mengaku, dalam program itu, hutan yang boleh dikelola oleh masyarakat yakni hutan produksi serta hutan lindung. Masyarakat yang ingin dikelola secara kelompok. Setelah itu dilaporkan ke Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten/kota yang usulkan ke Departemen Kehutanan.

“Adapun fingsi Dishut Sultra dalam program itu yakni memfasilitasi Dishut Kabupaten/kota dalam pengajuan pengusulan penggunaan hutan”, kata Dharma, saat ditemui Media Sultra di kantornya belum lama ini. (M-4/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: