Unhalu Jadi Pusat Pembelajaran Pertambangan Asia Pasifik

Kendari Ekspres, Kampus Ekspres 2010-11-15 / Halaman 11

Demi pencapaian misi dan meningkatkan kapasitas lulusan serta meningkatkan peringkat universitas pada tingkat nasional dan dunia. Unhalu sedang mengembangkan Center Of Excellence Social Mining ( Pusat Keunggulan Sosial Pertambangan).

Demikian diungkapkan Rektor Unhalu Prof Dr Ir H Usman Rianse MSi dalam acara pengukuhan guru besar Prof Dr Ir La Rianda Baka MSi di audotorium Mokodompit Unhalu (11/11) lalu.

Konsep ini sedang disusun oleh tim kerjasama Unhalu dan merupakan program yang tidak terpisahkan dengan program-program unggulan lainnya, seperti mitra bahari, mitra pedesaan, taman biologi untuk pengembangan taman dan hewan spesifik lokal Sulawesi Tenggara, layanan laboratorium terpadu dan aktivitas mahasiswa bagi penciptaan SDM cerdas komperatif.

“Dengan dikembangkannya pusat keunggulan sosial pertambangan tersebut, maka Unhalu akan menjadi satu-satunya Universitas di Indonesia yang memiliki keunggulan dibidang sosial pertambangan dan akan menjadi pusat pembelajatan sosial pertambangan di Indonesia dan Asia Pasifik”, jelas Usman.

Menurut rektor, pengembangan keunggulan ini sesuai dengan potensi Sultra yang memilikimpotansi tambang yang sangat besar, namun memiliki masalah sosial budaya dan ekonomi yang sangat besar.

Utamanya masalah kesejateraan masyarakat sekitar tambang dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktifitas tambang, yang juga telah menjadi masalah dan dialami oleh semua negara di dunia yang memiliki sumber daya tambang.

Program menuju penguatan unggulan tersebut mullai digagas sejak tahun 2008 lalu, atas kerjasama Universitas Haluoleo, Riotinto dan ANU. Atas seijin gubernur dan hal ini dapat dimungkingkan diperluas kerjasamanya pada BUMN lain yang beroriantasi pada pengelolaan pertambangan.

Program ini juga merupakan komitmen Unhalu untuk menjawab keraguan beberapa pihak atas program Gubernur Sultra H Nur Alam SE, yang akan menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai kawasan pertambangan nasional.

“Januari 2011 akan diselenggarakan penyusunan kerangka CSR yang berorientasi penguatan sosial pertambangan di unhalu, dan selanjutnya program kongkrit akan dilakukan pada tahun 2012-2017”, kata Usman. *HUM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: