Sungai Lamekongga mengancam Warga Ngapa

Media Sultra, 2010-11-15 / Halaman 1

Sungai Lamekongga saat ini mengancam warga Kelurahan Ngapa yang mendiami sekitar sungai di Jembatan Lemekongga atau depan pasar Lamekongga, terlebih ketika terjadi hujan deras.

Keluhan disampaikan tokoh pemuda Ngapa, Kadaruddin, akhir pekan lalu. Akibat tidak adanya tanggul penahan air, Sungai Lamekongga bergeser ke rumah-rumah penduduk hingga 20 meter.

“Air sungai masuk ke rumah-rumah penduduk, bahkan dapur keluarga Arjun hanyut dibawa air saat banjir karena hujan deras satu jam setengah”, ungkapnya.

Diungkapnya, jika ini terus dibiarkan akan mengancam nyawa serta belasan rumah warga di sekitar pasar lamekongga. Saat ini air sungai tidak lagi melalui jalurnya sebab terjadi pendangkalan, bahkan sudah melewati rumah-rumah warga.

“Belasan rumah warga saat ini sangat terancam. Kami semua khawatir apalagi jika hujan deras. Karena itu kami minta perhatian pemerintah segera bertindak sebelum ada korban”, harap Kadaruddin.

Selain mengancam rumah warga, akibat aliran sungai yang tidak lagi melalui jalurnya menyebabkan satu-satunya jembatan yang menghubungkan Kelirahan Lamekongga ke Kelurahan Ngapa atau jalan propinsi Kolaka Pomalaa terancam putus jika banjir terjadi.

Mantan aktivis Unhalu ini juga mengkritisi tidak adanya perhatian pemerintah terhadap keberaan jembatan Lamekongga. Jembatan ini telah rusak pagar pengamannya akibat dihantam kenderaan karena peristiwa lakalantas. padahal jembatan tersebut tiap hari dilewati anak-anak sekolah. Hal ini jelas sangat membahayakan nyawa mereka ketika bermain dan jatuh di jembatan tersebut karena tidak ada pagar pengamannya. (Ar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: