Pemkot Dinilai tak Konsisiten

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-15 / Halaman 9

Pemerintah Kota Kendari dinilai tak konsisten dan tak tegas dalam menjalankan peraturan daerah baik yang berkaitan dengan tata ruang maupun lingkungan hidup, karena ditemukan bangunan ruko yang menyatakan garis sempadan jalan yang berlebih sempadan sungai.

Hal itu dikenukakan Sekertaris DPD KNPi Sultra, Hasidin Samada menyoroti banyaknya bangunan yang tak sesuai garis sempadan di dalam Kota Kendari, Minggu (14/11).

Salah satu contohnya bangunan yang akan menyalahi garis sempadan sungai yang sekarang sedang memulai pembangunan, yakni berada di pinggir kali Korumba, tepatnya di belakang warung makan Sari Laut Mas Joko, Korumba.

Saat ini pemilik bangunan sedang patok, untuk memulai menggali fondasi bangunan. Jika diperhatikan dengan teliti, fondasi akan berdiri hanya berjarak 3 meter dari pinggir kali, padahal sesuai peraturan mestinya bangunan tersebut harus berjarak minimal 25 meter dari bibir kali.

Ironisnya, dari data base camp yang didirikan pemilik tanah sudah tertera Izin Mendirikan bangunan (IMB) deari Dinas Tata Kota Kendari.

Menurut Hasidin, Pemkot hanya berorientasi ekonomi dan menyepelekan peraturan, padahal mestinya aturan yang ditegakkan. “Jangan karena memburu PAD, lantas melanggar aturan. Mestinya Dinas Tata Kota sebelum mengeluarkan IMB terlebih dahulu melakukan peninjauan lapangan, kalau memang bisa melanggar gris sempadan, jangan dikeluarkan IMB-nya”, kata Hasdin.

Hasidin meminta DPRD Kota Kendari sebagai instansi pengawas untuk melakukan kontrol lebih ketat terhadap eksekutif, bahkan dia meminta DPRD menhearing Dinas Tata Bangunan, karena bisa memberikan IMB, padahal menyalahi garis sempadan.

“Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan. Kalau Pemkot tidak tegas terhadap atiran maka kota ini akan semakin semrawut”, katanya. *LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: