Anggaran RTRW Terancam Dipangkas

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-15 / Halaman 9

Anggaran penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sulawesi Tenggara yang diajukan eksekutif pada pembahasan APBD-P terancam dipangkas. Pasalnya, anggaran senilai Rp 3 M lebih yang akan digunakan untuk rapat dan penelitian penyusunan RTRW tersebut dinilai tidak jelas peruntukannya dan terkesan pemborosan anggaran.

Demikian diungkapkan La Pili SPd, wakil ketua DPRD Sultra saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini. Pembahasan APBD-P tahun 2010, legislatif akan mempertanyakan sejumlah item kegiatan yang dianggap tidak rasional. Ia mencontohkan pengusulan anggaran RTRW yang awalnya hanya berjumlah Rp 180 juta tetapi pada perubahan anggaran mengalami peningkatan yang sangat tidak wajar yakni sekitar Rp 3 M yang diperuntukan bagi kegiatan rapat dan penelitian.

“Kita akan pernyatakan alasan eksekutif mengusulkan anggaran sebesar itu untuk kegiatan penyusunan RTRW. Padahal beberapa waktu lalu DPRD telah menyatakan untuk tidak melanjutkan pembahasan RTRW itu karena sejak awal eksekutif terkesan jalan sendiri dan tidak melibatkan dewan”, katanya.

Tidak dilibatkannya DPRD pada awal penyusunan RTRW ini, kata La Pili, membuat lembaga DPRDakan melakukan kajian secara cer,at berkaitan dengan usulan RTRW yang telah diajukan oleh eksekutif. “Ini kita harus cermati karena jangan sampai ada perubahan status hutan dan wilayah yang bisa menimbulkan kerugian bagi daerah”, tambahnya.

Sementara mengenai anggaran yang bersifat melanjutkan seperti anggaran pembangunan Rumah Sakit tetap akan diberikan porsi yang maksimal. Sebab, pembangunan rumah sakit tersebut sangat prioritas dan mendesak untuk menunjang pencapaian tingkat kesehatan masyarakat yang memadai di masa mendatang. *

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: