Warga Labundiri Budidayakan Kakao

Kendari Ekspres, Ekonomi 2010-11-13 / Halaman 3

Sedikitnya 240 keluarga (KK) Desa Labunadiri, Kecamatan Siontapina, mengembangkan budidaya tanaman kakao. Budidaya yang dikembangkan warga itu telah menggunakan lahan 200 ha.

Budidaya kakao itu masih akan ditambah dengan target 1 KK akan menanam coklat di lahan yang luasnya 1,5 ha”, ucap Kepala Desa Labundiri, La Jaituni di ruang kerjanya seperti diungkapkan koordinator Pranata Humas Wilayah Wolowa, Pasarwajo dan Swabula, La Djairi, ST.

Menurut Jaituni Kawasan Labuandiri merupakan wilayah yang sangat cocok dalam pengembangan budidaya tanaman kakao. “Masyarakat sudah membuktikan hal itu. Dan selama ini warga yang mengembangkan kakao telah menikmati hasilnya”, kata Jaituini.

Desa Labuandiri yang terdiri 3 dusun itu memiliki areal yang luas. Sehingga, desa tersebut berpeluang untuk menjadi desa Swasembada pangan.. “Kami yakin dengan lahan dan suburnya tanah yang ada di desa ini, Labunadiri akan menjadi desa swasembada pangan. Bukan hanya itu, wilayah ini telah menjadi pemasok kakao di pasar lokal seperti Pasarwajo maupun kota Baubau.

Dapat Bantuan Sapi

Dijelaskan La Jaituni, selain membudidayakan kakao, sebagian warga desanya mengembangkan peternakan sapi. Untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat memberikan bantuan 12 ekor sapi yang diperuntukkan buat Dusun Wandamasi Desa Labunadiri.

“Bantuan sapi ini, untuk dikembangkan sebagai hewan ternak bagi kelompok usaha bersama (Kube) Dusun Wandamasi”, katanya. P4/C/ARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: