Pengembangan Komoditi Lokal Terhambat RTRWP

Media Sultra, Ekonomi 2010-11-13 / Halaman 2

Belum adanya kejelasan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah (RTRWP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu kendala yang dihadapi pemerintah Kota (Pemkot) kendari untuk mengambangkan komoditi unggulan.

Salah satu pejabat Badan Penyuluhan Perikanan, Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Marwah Anaja mengatakan, seharusnya rencana tata ruang sudah ada sehingga bisa dijadikan dasar dalam membuat peraturan daerah (Perda) dalam mendukungg pengembangan komoditi lokal.

“Rencana tata ruang yang sudah paten sangat dibutuhkan untuk menaungi semua perencanaan khususnya pembagian kawasan sehinggabisa menjadi acuan untuk kita membuat Perda”, kata dia dalam lokakarya pengembangan komoditi unggulan kakao dan rumput laut di Kendari, Kamis (11/11).

Dalam rencana tata ruang yang dimaksud nantinya diharapkan dapat ditentukan titik-titik dimana yang mesti ditetapkan untuk pengembangan komoditi atau pembudidayaan maupun untuk pengembangan produksi.

Sehingga lebih menjamin masa produksi dan pengembangan komoditi lokal untuk jangka panjang serta tidak terjadi lagi tumpang tindih antara kebijakan pemerintah provinsi dan kota.

Menurutnya lagi, jika ingin merealisasikan kebijakan pengembangan komoditi lokal seperti rumput laut dan kakao maka payung hukumnya sangat dibutuhkan, sementara untuk membuat itu juga harus ada acuan.

“Semua pekerjaan yang kita lakukan butuh payung, yang bisa melindungi segala kebijakan itu. Nah ini yang belum ada sehingga perlu dipatenkan secepatnya”, kata Marwah. (R-3/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: