Sebulan, Target Habiskan Rp 4 Miliar

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-09 / Halaman 9

Walaupun masa kerja tahun anggaran 2010 tinggal sebulan, namun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Sultra mengajukan porsi anggaran pada pembahasan Aanggaran Pembangunan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) cukup fantastis yakni sekitar Rp 4 miliar untuk prmbiayaan revisi tata ruang wilayah (RTRW) Sultra.

Jika dilihat dengan waktu yang sisa sebulan, maka Bapeda sama saja menargetkan anggaran Rp 4 miliar akan dihabiskan dalam sisa sebulan tahun anggaran 2010.

Ironisnya lagi menurut, Kepala Bapeda Sulta, Nasir Andi Baso, dana sebesar tersebut akan digunakan untuk perjalanan atau peninjauan ke beberapa daerah dimana kawasannya diajukan dalam revisi RTRW, serta sejumlah kegiatan lain yang ditargetkan selesai dalam sebulan.

Ketika usulan dana tersebut terlalu besar, Nasir hanya berkilah bahwa dana tersebut hanya usulan tergantung forum dewan, apakah menyetujuinya atau tidak.

“Kamikan hanya mengusulkan, sebab dana yang lalu itu masih kurang, namun setuju atau tidaknya itu dikembalikan ke dewan, itu hanya merupakan usulan anggaran saja”, kata Nasir ketika ditemui disela-sela rapat DPRD Sultra membahas APBD-P, Senin (8/11).

Usulan Bapeda yang cukup fantastis ini tentu saja mendapat sorotan dari anggota dewan, khususnya dari Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD), H Syamsul Ibrahim SE MSi. “Tahun anggaran APBD-P 2010 sisa satu bulan lebih, dengan usulan dana sebanyak itu, apa mungkin dananya akan habis ?”, ungkapnya dengan rayt wajah penuh tanda tanya.

Syamsul menilai usulan anggaran tersebut sangatlah tidak rasional apalagi hanya dihabiskan untuk perjalan ke daerah dan rapat membahas RTRW.

Diuraikan Syamsul, rincian anggaran yang diajukan Bapeda pada APBD-P 2010 untuk pembiayaan revisi RTRW yakni sebelum perubahan sebesar Rp 178.323.500, setelah perubahan menjadi Rp 1.922.982.500 atau mengalami peningkatan sebesar Rp 1.744.750.000. Begitu pula usulan anggaran untuk penelitian terpadu usulan revisi tata ruang provinsi, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1.849.900.000.

Jika ditotalkan revisi anggaran yang diajukan oleh pihak Bapeda pada APBD-P secara keseluruhan hampir mencapai angka Rp 4 miliar. *P6/B.LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: