Trans Lokal Arongo Mulai Berulah

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-11-08 / Halaman 6

Suasana sentra pemukiman transmigrasi di Desa Arongo yang peresmiannya waktu itu dihadiri langsung Dirjen P4KP, mulai tidak kondisif. Meski baru berada di lokasi itu sejak sebulan lalu, para transmigran lokal asal Kecamatan Landono sudah memperlihatkan sikap tidak bersahabat dengan sesamanya, 50 kepala keluarga dari Kabupaten Gianyar, Bali. Transmigran lokal berulah dengan mencoba menguasai sejumlah lahan pembagian. Sikap tersebut membuat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Konsel, Muchlis, berang.

Ia menyebut, ada dua nama warga lokal yang menjadi biang masalah di lokasi itu. Kedua transmigran ini disebut hendak menguasai dua rumah beserta areal tanam seluas kurang lebih satu hektar. Muchlis pun langsung bertindak tegas dengan memindahkan mereka ke tempat lain dan menghapus dari data penerima jaminan hidup (Jadup). ” Ia harus dipindahkan dan tidak bisa menerima jatah. Itu karena mereka tidak patuh dengan aturan dan syarat yang telah disepakati pada saat penempatan,” ketus Muchlis, kemarin.

Menurutnya, dalam penempatan transmigrasi lokal dan asal Gianyar itu, masing-masing kepala keluarga mendapat porsi satu unit rumah, lahan perkebunan dan lainnya. Anehnya, dua warga itu hendak menguasai lebih. Upaya persuasif dan pendekatan intens telah coba dibangun agar warga tersebut tak menguasai lahan sesuai keinginan mereka sudah coba dilakukan, namun tak ada hasil. ” Ya sudah, Kita ambil jalan memindahkan warga yang bersangkutan. Ini dilakukan agar jangan sampai ada warga lainnya yang mencoba berbuat hal yang sama. Khususnya trans lokal,” katanya. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Konsel itu menambahkan, untuk jaminan hidup warga transmigran di Unit Pemukiman Landono, sejak akhir pekan lalu sudah diterima. Jadup itu akan diberikan selama satu tahun. (era/cok)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: