Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-11-08 / Halaman 6

Banjir setinggi lebih dari satu meter pada akhir pekan lalu merendam puluhan rumah warga di Kelurahan Wundulako dan Kowioha, Kecamatan Wundulako. Luapan air itu terjadi akibat meluapnya sungai Wundulako setelah hujan deras mengguyur Kota Kolaka selama lebih dari dua jam. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun banjir besar yang baru pertamakalinya terjadi tersebut sempat membuat warga panik. Beberapa diantaranya terpaksa menyelamatkan perabotan rumah tangga mereka ke sisi jalan protokol.

Derasnya air sungai juga membobol dinding rumah milik salah seorang warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Kowioha. Rumah mantan Anggota DPRD Kolaka, Suleman yang berada di tepian Sungai Wundulako pun terendam banjir setinggi satu meter. ” Selama ini air sungai memang kadang meluap kalau hujan deras. Tapi tidak sampai masuk ke rumah warga apalagi tingginya hingga hampir satu meter,” ujar Rusman, salah seorang korban banjir.

Warga menuding perambahan hutan di Wundulako untuk perkebunan yang tidak terkendali dan kurang terkontrol instansi pemerintah terkait menjadi salah satu penyebab banjir. ” Kami meminta ketegasan aparat penegak hukum dan dinas kehutanan untuk menindak tegas para perambah hutan. Jika terus dibiarkan, tak menutup kemungkinan banjir yang lebih besar akan kembali terjadi,” pinta Rusman. (cr3/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: