PLTU Nii Tanasa Dioperasikan Awal 2011

Kendari Ekspres, Metro Ekspres 2010-11-08 / Halaman 10

Pembangkit listrik tanaga uap (PLTU) Nii Tanasa sesuai rencana awal akan dioperasikan September 2010, ternyata tertunda hingga Januari 2011 karena masih ada sejumlah bagian pembangunan jaringan yang belum rampung, walaupun sudah masuk dalam tahap finishing.

Demikian diungkapkan Manager PT PLN Cabang Kendari, Komang Artana Suyasa dalam acara silahturahmi dengan wartawan di Hotel Imperial Kendari Sabtu (6/11).

Menurut Komang dengan pembangunan fisik yang saat ini sudah mencapai 89 persen, dapat dipastikan lu=ounching operasional masin PLTU Nii Tanasa dengan kapasitas daya 2×10 MW tersebut memungkinkan untuk dilaksanakan pada awal Januari 2011 mendatang.

Dengan operasionalnya mesin PLTU Nii Tanasa diharapkan dapat menjawab semua kemelut krisis listrik di daerah ini, terutama bagi pelanggan yang masuk dalam daftar tunggu yang masih tercatat sebanyak 19 ribu lebih, telah dapat terlayani sekalipun tidak seluruhnya.

“Salah satu upaya PT PLN Cabang Kendari untuk memberikan pelayanan penerangan kepada masyarakat, PLN Cabang Kendari kemablai melakukan lelang PLTU dengan kapasitas 2×15 MW di lokasi yang sama. Mohon dukungan semua pihak sehingga hal ini bisa terlaksana dengan baik tanpa hambatan”, jelas Komang.

Seiring dengan perkembangannya pada tahun 2013 mendatang PT PLN Cabang Kendari sudah akan interkoneksi langsung dengan PT PLN wilayah Makassar Sulawesi Selatan dan Poso (Sulawesi Tengah).

Sementara itu Manager Sektor Pembangkitan PLN Cabang Kendari Marsudi, menjelaskan PLTU Nii Tanasa dalam operasionalnya nanti akan menggunakan bahan bakar batu bara sebanyak 10 ribu ton per bulan yang bahan bakunya disuplay dari Kalimantan Selatan. *HUM/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: