Pemkot Salurkan Rp 1,497 M Sektor Pertanian

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-11-08 / Halaman 9

Wali kota Kendari. Ir H Asrun MEng SC, Jumat (5/11) secara simbolik menyerahkan bantuan pembangunan pertanian Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari, senilai Rp 1.497.540.000, kepada sejumlah kelompok di Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga. Bantuan tersebutbersumber dari APBD, melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan serta Badan Ketahanan Pangan Kota Kendari.

Dalam acara penyerahan bantuan itu, dihadiri oleh pejabat lingkup Pemkot, diantaranya Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Kendari, Kadis Pertanian dan Kehutanan Pangan Kota Kendari, Kadis Pertanian dan Kehutanan, camat dan lurah setempat, para petani kecamatan Baruga, dan para kedis lainnya. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari, Ir Nedy Patandu, mengatakan, bantuan yang diberikan kepada  sejumlah kelompok petani di kecamatan Baruga, berasal dari dana APBD, sesuai dengan usulan Walikota Kendari ke pusat.

“Dengan bantuan ini, sejumlah kegiatan petani di Kecamatan Baruga bisa dilaksanakan, yakni Rp 1.327.500.000 yang bersumber dari Dirjen PLA tujuan Kelurahan Baruga, digunakan untuk perluasan area sawah 100 Ha, pembangunan embung dan dam parit sebanyak satu unit, jaringan irigasi desa dan usaha tani mesing-masing 150 dan 100 Ha, pembangunan rumah kompos satu paket, konsolidasi pengelolaan lahan usaha tani satu paket, sumur serapan dua paket, dan perluasan areal holtikultura jeruk 15 Ha”, sebutnya.

Selanjutnya bantuan yang bersumber dari Ditjen PPHP berjumlah 170 juta di kelurahan Baruga, diperuntukkan untuk penanganan pasca panen berupa mesin panen padi tipe gendong sebanyak 26 unit, yang diserahkan kepada 7 kelompok tani. Penal tresher sebanyak lima unit kepada lima kelompok tani, terpal penjemuran berjumlah 46 lembar kepada 7 kelompok tani.

“Kesempatan ini juga diserahkan dejumlah bantuan bidang peternakan di Kelurahan Baruga, dimana bantuan ini diluar 1,497, yakni 1000 ekor kepada dua petani peternak, masing-masing mendapat 500 ekor dan bidang kehutanan yang diberikan kepada kelompok tani kegiatan kehutanan Kecamatan Baruga, dengan rincian, jati 3100 pohon, sengon 3100 pohon, mete 1280, mangga 1500, rambutan 1500 dan durian 520 pohon”, paparnya.

Walikota Kendari, Ir H Asarun MEng SC, menjelaskan, bantuan tersebut sebagai upaya all out untuk persawahan di Kecamatan Baruga, sebab di wilayah tersebut terdapat pertanian yang cukup potensial di Kota Kendari.

“Bantuan ini semoga diteri8ma dengan ikhlas, sehingga dapat dipelihara keberadaannya baik itu pembangunan irigasi, dan bantuan lainnya. Sejumlah bantuan alat pertanian ini juga diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi kita agar dipelihara, jangan tidak bersukur biar tersumbat sedikit tidak dihiraukan, agar diperhatikan dan bermanfaat, sebab orientasi Pemkot bantuan ini bermanfaat”, ucap Asrun.

Menurut Asrun, bantuan yang diberikan kepada masyarakat harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, seperti wilayah yang telah ada persawahannya, tidak lagi diberikan beras tetapi berupa bantuan pertanian.

“Alat pemotong padi yang diberikan, berarti dibantu untuk memotong padi, jadi tidak boleh dialihkan ketempat lain seperti dijual. Selain itu, saya berharap agar petani dapat mempelajari cuaca sulit diprediksi, yang harusnya saat ini kemarau menerus. Paling ekstrem, dampaknya itu bagi petani sebab dapat mempengaruhi kualitas hasil produksi, kata Asrun.

Penyerahan rekening bantuan. Salah satu tokoh masyarakat setempat, Arif mengungkapkan ucapan terimah kasihnya kepada Pemkot, yang selama ini sering memberikan bantuan dan perhatian kepada petani di lokasi tersebut, dalam meningkatkan kualitas hasil panen.

“Selama ini kami cuma panen satu kali setahun, tetapi tahun ini kita sudah tiga kali memanen, sehingga terlihat jelas peningkatan penghasilan petani, bahkan sudah ada yang membeli motor, membuat rumah permanen dan menyekolahkan anak tanpa harus mengkredit. Kami berharap jika Walikota tetap memperhatikan pembangunan di Amohalo ini, maka kami tetap dukung bapak Asrun hingga kepemimpinan selanjutnya. *P1/B/LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: