Raha Ubah Pola Hidup Warga Untuk Raih Adipura

Media Sultra, Daerah 2010-10-29 / Halaman 7

Program Pemkab Muna menjadikan Kota Raha berpredikat kota kecil terbersih dan mempersembahkan tropi Adipura akan dimulai dengan membangun kesadaran kolektif masyarakat untuk berpola hidup bersih dan sehat.

“Hal yang paling mendasar untuk mewujudkan kota Raha yang bersih, dimulai dengan merubah pola budaya masyarakat yang masih saja menjadikan hulu dan hilir kali/sungai menjadi tempat pembuangan sampah”, ungkap Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Muna, La Untu Kamis, (28/10).

Menurutnya, dalam rangka merubah pola pikir budaya hidup bersih, pihaknya telah melakukan penyuluhan di setiap kecamatan. Selain itu, sejak dua minggu lalu, berdasarkan surat edaran Bupati Muna, untuk kembali mengaktifkan kegiatan “Jumat Bersih” melibatkan semua SKPD. Mulai dengan melakukan pembersihan sampah yang tersebar di poros jalan Warangga-Watupute, serta tempat umum lainnya seperti kawasan pasar Laino dan kanal-kanal By Pass.

“Kesadaran pola hidup bersih dan sehat harus dibangun secara simultan. Kesemuanya harus di dukung dengan komitmen politis dari atas”, katanya.

Persoalan penggunaan sampah domestik dalam kota, harus diimbangi dengan kesiapan pengangkut sampah dan mengoptimalkan fungsi sarana dan prasarana kebersihan seperti pengoptimalan TPA Punto, Lagadi.

Untuk mewujudkan serta menyongsong piala adipura tentunya harus mendapat dukungan masyarakat dan elemen masyarakat.

“Dengan cara melakukan kegiatan bersih-bersih di dalam menyukseskan program Pemkab dalam meraih Adipura”, pungkas La Untu. (R-2/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: