Terumbu Karang di Perairan Bombana Rusak Parah

Media Sultra, 2010-10-27 / Halaman 1

Perairan laut Kabupaten Muna dan Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kerusakan terumbu karang paling parah, karena aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

“Kerusakan terumbu karang di seluruh wilayah perairan Sultra mencapai sekitar 40 persen, dan sekitar 50 persen dari terumbu karang yang rusak tersebut terdapat di wilayah perairan laut Muna dan Bombana”, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra Abdul Salam di Kendari, Senin (26/10).

Menurut Abdul Salam, aktivitas nelayan menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak dan potasium sianida di dua wilayah kabupaten tersebut cukup tinggi.

Namun patroli dari Dinas kelautan dan Perikanan menangkap para pelakunya, karena mereka sangat lihai dalam melakukan aksinya dan mengetahui petugas.

“Biasanya para nelayan yang sebagian besar berasal dari luar Sultra itu, melakukan aksinya saat petugas lengah berpatroli”, katanya.

Selain aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan penyebab lain dari kerusakan terumbu karang di dua wilayah Muna dan Bombana, kata dia, juga kerena sebagian besar warga wilayah pesisir di dua kabupaten itu rata-rata menggunakan batu karang sebagai bahan baku membangun rumah. “Hampir seluruh wilayah pesisir di dua kabupaten itu terdapat pemukiman etnis masyarakat bajo, yang membuat pemukiman di wialyah perairan dengan menimbun batu karang”, katanya.

Abdul Salam mengaku pihaknya sangat kesulitan mengamankan aktivitas warga mencokel batu karang tersebut, termasuk para nelayan yang menagkap ikan dengan menggunakan bahan peledak dan racun potasium sianida.

Masalahnya kata dia, kapal patroli yang dimiliki Dinas Perikanan dan Kelautan sangat terbatas, sementara wilayah perairan laut cukup luas.

“Luas wilayah yang harus diamankan, sangat tidak seimbang dengan fasilitasi kapal patroli yang ada, yakni hanya tiga unit, sementara garis pantai yang harus dijaga sepanjang 1.740 kilometer”, katanya. (OL-07/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: