Penambang Dihimbau Dua Hari Tak Gunakan Jalan Negara

Media Sultra, Daerah 2010-10-26 / Halaman 7

Sekab Kolaka, Ahmad Safei, menghimbau pengusaha tambang di Kecamatan Pomalaa tidak menggunakan jalan negara selama dua hari karena akan digunakan jemaah haji Kolaka dan ribuan pengantar menuju Bandara Sangia Nibandera.

“Tanggal 30 dan 31 Oktoberkegiatan penambangan yang melalui jalan negara dihentikan dulu. Kalau mau malam hari setelah kegiatan selesai. Kadis Pertambangan dan Perhubungan supaya segera membuat surat”, kata Ahmad Safei saat memimpin rapat terakhir persiapan pemberangkatan calon jemaah haji di Kantor Kemenag Kolaka, Senin (25/10).

Terhadap pernyataan Sekab, Kabid Bina Marga Dinas PU, H Abbas menyatakan, pihaknya beberapa waktu telah melakukan pertemuan dengan para pengusaha tambang. Pada intinya semua pengusaha tambang diminta memperbaiki jalan rusak di Kecamatan Pomalaa satu minggu sebelum pemberangkatan calon jemaah haji diberangkatkan.

Sekertaris Dinas Pertambangan Kolaka, Burhan menyatakan, pihaknya baru akan bersurat ke para pengusaha tambang untuk memperbaiki jalanan yang rusak. Untuk jalan poros mulai Desa Puundohol, Kecamatan Baula hingga di depan kantor Sumber Setia Budi (SSB) Pomalaa diberikan tanggung jawab 6 perusahaan tambang termasuk PT Antam UBPN Pomalaa. Begitupun dari SSB hingga ke Desa Oko-oko diberikan tanggung jawab pada 7 perusahaan tambang.

Mendengar penjelasan Sekdis Distamben, Ahmad Safei, langsung menanggapi bahwa dirinya tidak mau mendengar hanya sekedar laporan, yang diutamakan realisasi di lapangan.

Camat Pomalaa, M. Amin, melaporkan, ada beberapa jembatan sementara dikerjakan dan sangat rawan kecelakaan. Karena itu dirinya meminta pihak Dinas Perhubungan menempatkan anggotanya pada jembatan yang sementara dikerjakan pada tanggal 30 dan 31 Oktober. Hal ini mengantisipasi kecelakaan dengan mobilitasi yang begitu besar dari berbagai kecamatan yang mengantar keluarganya yang akan menunaikan ibadah haji. (Ar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: