30 Tahun Terakhir 10 Pengolah Batu Moramo Tewas

Media Sultra, Daerah 2010-10-25 / Halaman 7

Sejak 30 Tahun terkahir, tercatat 10 orang pengolah baru di Desa Mata Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konsel tewas. Hal itu diungkapkan Arto (27), seorang pengolah batu yang ditemui di Konsel, belum lama ini.

Menurutnya, tewasnya pengolah batu itu disebabkan pengolah terjepit bebatuan besar. Bebatuan itu jatuh dari atas gunung yang tingginya 20 meter. Selain itu, penyebab tewasnya pengolah batu itu dikarenakan kondisi pengolah batu yang kurang sehat.

“Mereka selalu memaksa bekerja meski kurang sehat. Ketika mereka bekerja terus ada bebatuan yang jatuh ke bawah, mereka tidak mampu menghindar sehingga tertindas”, jelas Arto yang telah 10 tahun menggeluti pekerjaannya sebagai pengolah batu.

Ia mengaku, pernah melihat seorang temannya tertindas bebatuan 2008 silam. Saat itu, sang teman berada di bawah gunung kemudian tertindas bebatuan yang  jatuh dari atas.

“Teman saya itu tertindas kakinya dan tak lama kemudian tewas”, ujar lelaki 2 anak ini.

Arto mengaku, bekerja sebagai pengolah batu tidaklah rumit. Hanya saja, resiko kematian mengancam di depan mata. Bagaimana tidak, jika tertindis oleh bebatuan yang besar maka kematian adalah resikonya.

Arto mengaku, meski bahaya mengancam, bekerja sebagai pengolah batu lebih enak dibandingkan menjadi pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kalau jadi PNS, kita mau tunggu pi lagi akhir bulan baru terima gaji. Tapi kalau menolah batu tiap hari bisa ji kita dapat uang. Yang penting, ada batu ada uang”, jelasnya.

Saat ini, katanya, batu yang telah dipecahkan untuk dijadikan batu gelondongan harganya Rp 250 ribu per ret. Dan tiap harinya, ia bisa mengumpulkan 2 ret.

“Itupun kalau cepat kita kerja, tapi kalau tidak kadang juga satu ret per hari”, ujar warga Desa Sanggula. Kecamatan Moramo Utara ini. (M-4/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: