Pengelolaan Tambang Harus Bisa Sejahterakan masyarakat

Media Sultra, Ekonomi 2010-10-21 / Halaman 2

Mahasiswa yang tergabung dalam Liga Kelompok Nasional (LMND), meminta kepada pemerintah agar pengelolaan sumber daya alam tambang yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa mensejehterakan rakyat Sultra.

Hal itu diungkapkan, Jusman, sebagai koordinator Lapangan (Korlap)dalam aksi demo, Rabu (20/10), di kantor DPRD Sultra.

“Pengelolaan tambang harus bisa membawa kesejahteraan kepada masyarakat Sultra, bukan hanya mensejahterakan para investor”, kata Jusman

Ia mengatakan, Provinsi Sultra sudah dikenal dunia, karena potensi tambang yang dimiliki, mulai dari tambang nikel, aspal dan emas. Tetapi apakah guna dari semua kekayaan alam itu jika hanya dinikmati oleh investor yang datang dari luar daerah, sementara masyarakat Sultra masih bergelut dengan kemiskinan.

Mahasiswa berharap, agar pemerintah membuat suatu regulasi pengelolaan tambang di daerah ini yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. kalau hal itu tidak bisa dilakukan, lebih baik pengelolaan tambang di daerah Sultra di tutup.

Ketua DPRD Sultra, Rusman Emba, saat menerima aksi masa itu mengatakan, selaku pimpinan legislatif DPRD Sultra, ia sepakat bahwa pengelolaan tambang harus bernuansa pada kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, dengan segala kewenangan saya sebagai anggota dan ketua DPRD Sultra, akan memberi masukan dan melakukan pengawasan terhadap pemerintah provinsi agar dalam melakukan kerjasama pengelolaan tambang dengan pihak investor, yang harus menjadi titik berat dalam pembuatan nota kesepahaman adalah pengelolaannya harus berpihak pada kesejahteraan masyarakat setempat”, pungkasnya. (M-5/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: