Pemkot Kendari Upayakan Kesejahteraan Petani

Media Sultra, Ekonomi 2010-10-21 / Halaman 2

Selama tiga tahun terkahir, dari tahun 2008-2010 Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, terus berupaya melakukan program kegiatan pertanian, untuk mendejahterakan petani yang ada di Kota Kendari. Alhasil penghasilan pertanian, perkebunan maupun peternakan petani di Kota Kendari dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari, Nedy Patanduk, saat ditemui Media Sultra mengatakan, selama tiga tahun berturut-turut, Pemkot harus membantu petani yang sumber dananya dari DTP maupun Dana Alokasi Khusus (DAK), alat mesin pertanian dan bantuan bibit tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Selain itu, Pemkot juga terus memberikan bantuan ternak serta bangunan sarana dan prasarana pertanian.

Dengan adanya bantuan mesin pertanian berupa Hand tractor tersebut, luas sawah di Kota Kendari mengalami peningkatan dari 298 hekter tahun 2007 menjadi 507 hekter tahun ini, serta luas lahan kering meningkat dari 1025 Ha menjadi 2844 Ha.

Selanjutnya, bantuan bibit beninh unggul padi, menjadikan produktivitas sawah petani juga mengalami peningkatan dari 3,95 ton per hekter menjadi 4,35 ton per hekter. Sedangkan capaiana produksi meningkat dari 1175,95 ton menjadi 1987,95 ton. Demikian halnya bantuan beninh unggul jagung, meningkatkan produktivitas dari 3,84 ton per hekter dengan capaian produksi dari 3168 ton menjadi 5400 ton.

Untuk bantuan perluasan lahan perkebunan, juga mengalami peningkatan luas tanam dari 1694 hekter menjadi 2966 hekter dengan bantuan bibit berupa kakao, mete, lada, cengkeh, dan kopi. Dengan capaian produksi dari 1379,05 ton menjadi 1674,80 ton. Sedangkan untuk bantuan ternak, berupa ternak sapi sebanyak 199 ekor, kambing 370 ekor ayam ras petelur 1300 ekor ayam buras 3550 ekor dan itik 600 ekor.

“Semua bantuan itu, kami berikan secara per kelompok tani”, kata Nedy Patanduk.

Sementara itu, untk bangunan sarana dan prasarana pertanian, berupa pembuatan jaringan irigasi, yang meningkatkan indeks pertanaman padi sawah dari satu kali tanam menjadi dua kali. Pembuartan dan peningkatan jalan usaha tani dari 30,750 kilometer menjadi 68,76 kilometer.

Sedangkan untuk bangunan sarana penunjang, bantuan yang diberikan berupa lantai jemur hasil-hasil perkebunan, gudang pengolahan mete, gudang dan kantor pengolahan lada. Selain itu juga dibangunkan tempat pengolahan bio gas limbah ternak. SAtas berbagai program bantuan tersebut, Pemkot Kendari telah mencapai penghargaan di tingkat nasional. (M-5/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: