Kolut Cetak Sawah Baru 550 Hekter

Kendari Ekspres, Sultra Daratan 2010-10-21 / Halaman 15

Pemerintah Kabupaten Kolaka Uatara, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan setempat, programkan cetak sawah baru seluas 550 hekter. Tahun ini, optimasi lahan 50 hekter dan tahun depan diusulkan 500 hekter.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kolaka Uatara, Syamsu Ridjal. “cetak sawah ini dananya dari pemerintah pusat. Programnya dilaksanakan langsung para kelompok tani”, kata Syamsu Ridjal, Rabu (20/10).

Usulan 500 hekter, dana pencetakan sawah Rp 7 juta sampai Rp 7,5 juta setiap hekter, dana tersebut akan dikelola oleh kelompok tani. Cetakan sawah tersebut berupa sawah berair, bukan ladang atau tegalan, namun sawah padi.

Pengusulan program pencetakan seiring agenda pemerintah setempat untuk mengaktifkanpotensi sawah, yang sebagian masih menjadi lahan pertanian yang dimiliki Kolaka Utara seluas 10 ribu hekter dan yang sudah terolah baru separuhnya.

“Target kami, lima tahun kedepan lahan tidur aktif semuanya. Sudah menjadi lahan pertanian yang mengahsilkan”, kata Syamsu Ridjal.

Untuk tahun ini, optimalisasi lahan (percetakan sawah) seluas 50 hekter telah berjalan pengerjaannya 72,50 persen. Anggaran RP 200 juta dari APBN, diambil dari dana tugas pembantuan (TP) yang telah terserap sebesar 55 persen.

“Mudah-mudahan usulan 500 hekter akan dikabulkan pusat, dalam hal ini pihak Menteri Pertanian, karena potensi lahan pertanian di Kolaka Utara cukup luas dan merupakan penopang perekonomian masyarakat disini”, imbuh Syamsu Ridjal. *CUK/LEX

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: