Dinas Pertanian Kolut Nihil PAD

Kendari Ekspres, Ekobis 2010-10-21 / Halaman 3

Dinas Pertanian dan Peternakan Kolaka Utara belum dapat menumbangkan Pendapatan Asli daerah (PAD) Retribusi dari rumah pemotongan hewan ternak masih nihil.

“Perda-nya baru saja ditetapkan. Aturan masih tahap sosialisasi, belum ada pungutan retribusi”, kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kolaka Utara, Syamsu Ridjal, Rabu (20/10).

Target PAD yang ditetapkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan setempat sebesar Rp 20 juta untuk tahun anggaran 2010. Namun, target tersebut baru akan dimulai bulan November mendatang, pasca sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2010 tentang retribusi rumah pemotongan hewan ternak, bulan ini.

“Mudah-mudahan target itu tercapai mulai bulan November mendatang. Maksimal penarikan retribusi ini merupakan satu-satunya yang akan menjadi PAD, kami Dinas Pertanian dan Peternakan”, kata Syamsi Ridjal.

Diakui Syamsu Ridjal, belum digunakannya rumah potong hewan menyusul belum lengkapnya sarana dan prasarana dimiliki selama ini. Berikut belum diketahuinya fungsi dan kegunaan rumah potong hewan oleh pengusaha dan masyarakat.

Retribusi yang ditetapkan untuk penggunaan rumah potong hewan berbeda besarnya untuk pengusaha dan masyarakat umum. Pemeriksaan hewan ternak untuk pengusaha Rp 30 ribu/ekor, baik untuk sapi, kerbau, dan kuda, serta kambing. Potong atau menyembelih tarifnya Rp 150 ribu/ekor untuk ternak sapi, kerbau dan kuda, kambing dan sejenisnya Rp 50 ribu/ekor.

Sementara tarif untuk masyarakat umum lebih murah. yakni pemeriksaan hewan ternak Rp 30ribu. potong sapi, kerbau dan kuda Rp 75/ekor. Sementara harga potong kambing dan hewan ternak yang sejenisnya Rp 25 ribu/ekor. *CUK/ARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: