Warga Ributkan Bantuan Sapi

Kendari Ekspres, Sultra Kepulauan 2010-10-20 / Halaman 16

Warga Desa Ghobebalano Kecamatan Duruka, Muna memprotes bantuan sapi 12 ekor dari Bappeda Muna yang baru saja diterima sebuah kelompok tani di desa itu, Sabtu (16/10). Warga protes karena bantuan itu tak tepat sasaran.

“Masa yang dapat bantuan pegawai dan istri-istri pegawai di sejumlah instansi Muna. Ini tidak tepat sasaran. banyaknya orang di desa ini yang berhak mendapat bantuan itu. Kenapa harus pegawai”, ujar La Fahi, salah satu warga Desa, Selasa (19/10).

la Fahi menyebut nama-nama yang tidak layak terima bantuan diantaranya Idam, PNS di kantor Bupati Muna, Sardi, Guru, Lalu isatri dari Karsaid Udo, PNS di kantor Camat Duruka, dan istri Jahuding, PNS di BPMD Muna.

“Mereka-mereka ini tidak layak mendapat bantuan. Harusnya diberikan kepada orang yang lebih layak”, ujarnya.

Protes ini sempat mendapat perhatian Komisi II DPRD Muna. Sampai-sampai Ketua Komisi Paraminsi Rahman bersama sejumlah anggotanya turun ke Ghonebalano membicarakan masalah itu. dalam pertemuan itu terungkap bantuan itu diajukan pemerintah Desa Ghonebalano ke Bappeda sejak 2008 yang saat itu masih dipimpin Karsaid Udo.

Hanya saja, yang diprotes warga, nama-nama kelompok tani yang diajukan Karsaid adalah kroni dan keluarga dekatnya. Bahkan warga sempat menyototi bantuan sapi tahun 2002 yang juga dikelola Karsaid berjumlah 16 ekor, hilang tanpa bekas. Dalam pertemuan itu Karsaid mengatakan bantuan sapi itu dikembalikan dalam bentuk dana utuh.

Meminimalisir konflik, Komisi II sendiri memerintahkan kepala Desa Ghobalano Budiman dan Camat Duruka, segera membicarakan masalah itu. Waktu yang dibicarakan Komisi II hanya dua hari sejak pertemuan berlangsaung. Keputusan apapun harus disampaikan kepada Komisi II. *CR3/B/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: